Penulis Rayni N. Massardi dan Seniman Christyan. A.S. Berkarya Bersama dengan Darah

LAN • Friday, 23 Jun 2023 - 13:47 WIB

Penulis Rayni N. Massardi bersama Christyan. A.S. telah mempublikasikan karya aksara berhias sketsa yang berjudul Darah. Diterbitkan oleh Firaz Media Publisher, buku dengan total 80 halaman ini adalah kolaborasi mereka yang kedua. 

Visual dari sampul buku Darah melukiskan dua wajah yang meratapi kedua tangannya yang bersimbah darah. Buku ini juga didominasi warna merah yang seakan-akan membuat orang-orang mengira ini adalah buku horor. 

Tema besar yang digunakan oleh Rayni berkutat pada horornya kehidupan, kematian, cinta, dan kesengsaraan manusia yang dikaitkan dengan darah. Maka dari itu, tak heran jika banyak ditemui kata "darah" di setiap puisi yang tertuang dalam buku ini.

Tidak jarang pula Rayni menggunakan majas personifikasi dalam menggambarkan darah. Dalam puisinya yang berjudul "Darah-11", darah adalah sosok yang acuh terhadap derita manusia dan akan "mengalir semaunya". 

DARAH 11

Semua darah

Semua terluka

Semua akan mati

Darah mengalir semaunya

Tak peduli pekik manusia

Memohon pada cairan yang sedang geram

Mengais celah tubuh manusia

Mengeringkan rumput yang sontak gersang

Bumi tersungkur membusuk

Darah pun setia

Ilustrasi semut, percikan atau tumpahan darah, dan figur-figur abstrak dengan mata hitam dan besar di sekitar karya puisi melengkapi pesona seram dalam buku ini. Christyan berhasil melukiskan tema dari aksara karya Rayni. Semut-semut yang kerap muncul di halaman-halaman Darah menggambarkan kematian adalah takdir manusia yang tidak bisa dihindari. Kolaborasi literatur dengan ilustrasi akan membuat para pecinta seni menikmati Darah.