Jumat Terakhir Sebelum Puncak Haji 1444 H, Calon Jemaah Haji Indonesia Dihimbau Shalat di Sekitar Hotel

LAN • Friday, 23 Jun 2023 - 11:15 WIB

Jakarta - Bertepatan dengan 5 Dzulhijjah yang juga menjadi Jumat terakhir sebelum puncak haji 1444 H, jemaah calon haji Indonesia tidak disarankan menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjidil Haram pada Jumat (23/06).

Dalam hal ini, jemaah diimbau untuk sholat Jumat di masjid yang berada di dekat hotel atau penginapan saja. Hal itu karena hari ini bertepatan langsung dengan 5 Dzulhijjah yang merupakan hari Jumat terakhir menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi M Subhan Cholid mengatakan bahwa hari ini akan sangat banyak jemaah yang ingin pergi shalat Jumat ke Masjidil Haram. Sehingga, dipastikan kondisi di Masjidil Haram akan sangat padat.

Tak hanya itu, bus sholawat yang biasanya beroperasi untuk mengantar pulang-pergi jemaah dari penginapan ke Masjidil Haram pun harus terhenti hari ini. Bus tersebut dihentikan pukul 09.00 waktu Arab Saudi karena padatnya Masjidil Haram. 

Bus sholawat akan kembali beroperasi pada hari ini di sore hari. Sehingga, Subhan mengimbau kepada seluruh jemaah calon haji Indonesia untuk menjalankan ibadah sholat Jumat di masjid sekitar hotel atau di hotel yang diadakan sholat Jumat. (Savira)