Apresiasi Petugas Haji, Menag Yaqut: Tetap Istiqamah

MUS • Thursday, 22 Jun 2023 - 16:29 WIB

Makkah - Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi atas dedikasi totalnya melayani jemaah, baik di Makkah maupun di Madinah. 

Gus Men, sapaan akrabnya, mendengar sendiri pengakuan beberapa jemaah lansia, yang sangat terbantu oleh kehadiran petugas PPIH. 

“Tadi saya bertemu dan mewawancarai beberapa jemaah yang sepuh. Alhamdulillah, keberadaan petugas sangat membantu mereka dalam beribadah. Jadi, menurut kami ini sangat luar biasa, saya atas nama pribadi dan menteri agama sangat mengapresiasinya,” kata Gus Yaqut di Raffah Hotel, Makkah, Rabu malam (21/6/2023).

Gus Men juga menyaksikan raut bahagia di wajah jemaah, yang merasa terlayani selama berada di tanah suci. Apalagi jarak hotel tempatnya menginap cukup dekat dengan Masjidil Haram, hanya sekitar 2 kilometer. 

BACA JUGA: Tinjau Mina, Menag: Dapur OK, Toilet Bertambah, Minta Tambahan Standing AC di KKHI

BACA JUGA: Timwas Haji DPR Puji Alur Kedatangan Jemaah di Bandara Madinah

“Jarak ke Masjidil Haram tidak terlalu dari penginapan, jadi sebagian jemaah usia produktif bisa menunaikan salat berjamaah ke Masjidil Haram,” ujarnya. 

Meski demikian Menteri Yaqut mengingatkan petugas agar tidak berpuas diri. Para pelayan tamu Allah diminta tetap istiqamah, karena tugas mereka belum selesai. 

"Titik fokus layanan yang paling penting dalam tahapan haji adalah ketika armina nanti,” ucap Gus Men. 

“Saya yakin bantuan dan keikhlasan dari semua layanan yang diberikan ke jemaah akan menjadi amal saleh dan dicatat kebaikan di tanah mulia ini. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kita sebagai petugas bersikap dengan jemaah seperti keluarga sendiri,” harapnya.