Apel Kasat Kamling Tingkat Polda Jateng, Dirbinmas : "Satkamling Berperan Sebagai Cooling System di Masyarakat"

LAN • Wednesday, 21 Jun 2023 - 14:24 WIB

Semarang - Dalam rangka meningkatkan harkatibmas jelang pemilu serentak tahun 2024, Polda Jateng menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Lapangan Pratisara Wirya Polrestabes Semarang pada hari Rabu, (21/6).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dirbinmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono dan dihadiri oleh PJU Ditbinmas, PJU Polrestabes Semarang serta Forkopimda Kota Semarang.

Dalam sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan oleh Dirbinmas, disebutkan bahwa apel tersebut merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. 

"Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional," jelas Dirbinmas dalam amanatnya.

Satkamling, lanjutnya, adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

"Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahandemi kenyamanan bersama," terangnya.

Peran sentral dari Satkamling sangat dibutuhkan terutama menjelang pemilu serentak tahun 2024. Dirbinmas berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing.

"Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan. Persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama," pesannya.

Dalam apel tersebut, Dirbinmas turut menyerahkan piala dan piagam kepada Satwil terbaik dalam Lomba Satkamling yang digelar Polda Jateng.

Adapun peraih piala dan piagam dalam Lomba Satkamling Tingkat Polda Jateng yaitu :

Juara 1 Polresta Banyumas;

Juara 2 Polresta Magelang;

Juara 3 Polres Karanganyar;

Juara Harapan 1 Polres Pekalongan;

Juara Harapan 2 Polresta Pati;

Juara Harapan 3 Polres Semarang. (APb)