Sambut Hari Bhayangkara Ke-77, Polda Jateng Gelar Bakti Sosial dan Bakti Religi

LAN • Monday, 19 Jun 2023 - 12:14 WIB

Semarang - Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Polda Jawa Tengah menggelar berbagai kegiatan sosial. Diantaranya dengan melakukan Bakti Sosial Presisi yang digelar di tempat wisata religi Sam Poo Kong, Semarang, Senin (19/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jateng, dan ibu-ibu Bhayangkari Polda Jateng, para pejabat Polrestabes Semarang dan dari Yayasan Sam Poo Kong.

Dipilihnya tempat di Sam Poo Kong ini, menurut Abioso merupakan kebanggaan tersendiri, karena tempat ini merupakan destinasi religi yang dibangun awal abad 15. 

"Ini menjadi kenangaan sendiri bagi masyarakat Jateng khususnya Kota Semarang, maka harus kita pelihara dan kita lestarikan sejarahnya," ujar Abioso.

"Kami dari Polda Jawa Tengah ingin berbagi rejeki dari Allah untuk masyarakat Kota Semarang, khususnya untuk warga yang kurang mampu. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat," katanya.

Dengan adanya polisi, Abioso berharap masyarakat bisa merasa aman dan nyaman, karena polisi akan selalu menjaga keamanan agar masyarakat selalu merasakan kenyamanan.

Abioso juga menyatakan permohonan maaf apabila selama ini ada masyarakat yang menjumpai perilaku anggota polisi yang mungkin tidak mengenakkan masyarakat.

"Atas nama Bapak Kapolda kami mohon maaf apabila masyarakat menjumpai ada perilaku anggota polisi yang tidak mengenakkan," tukasnya. 

Disampaikan bahwa pada tanggal 1 Juli mendatang, Polda Jateng akan menggelar peringatan HUT Bhayangkara dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di Lapangan Simpang Lima Semarang.

"Silahkan masyarakat ikut hadir di Lapangan Simpang Lima Semarang. Di sana akan dilangsungkan karnaval, bazar UMKM dari seluruh kabupaten/kota se Jawa Tengah yang dikelola ibu-ibu Bhayangkari, ada berbagai kuliner dan juga kerajinan beberapa karya anak bangsa," ungkapnya.

Abioso juga menitipkan pesan dari Kapolda untuk masyarakat Kota Semarang, dimana menginjak pada usianya yang ke-77 ini, pihaknya mohon doa restu agar Kepolisian khususnya Polda Jawa Tengah bisa melanjutkan berkarya dan melanjutkan tugas untuk masyarakat indonesia. 

"Semoga dimanapun kami berada mendapat tempat di hati masyarakat," tandasnya.

Pembina Yayasan Sam Poo Kong, Mulyadi menyatakan bangga dan mengucapkan terima kasih karena dilibatkan dalam kegiatan Hari Bhayangkara. 

"Kami jauh-jauh hari sudah bermitra dengan Polri, tanpa memandang ras, suku, maupun agama. Polri luar biasa, semoga tambah dicintai rakyat seluruh Indonesia," tandasnya.

Salah satu penerima bantuan, Suti Rohani (69) warga Tarupolo Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang mengaku senang sekali mendapat bantuan dari Polda Jawa Tengah. Pasalnya Suti selama ini tidak pernah mendapatkan bantuan dari tempat lain.

"Dapat bantuan ini ya senang sekali. Dulu pernah dapat bantuan dari Polrestabes, sekarang dari Polda Jateng," ucap Suti penuh semangat.

Suti berharap polisi selalu dekat dengan masyarakat, dan diberi kesejahteraan, tidak ada gangguan dalam menjalankan tugas, dan selalu sehat," tuturnya. (APb)