Tunjukkan Peran Aktif dalam Kebencanaan, Indonesia CARE Hadir di Jakarta Tangguh 2023

FAZ • Monday, 19 Jun 2023 - 05:24 WIB

Jakarta - Peran aktif Indonesia CARE sebagai lembaga kemanusiaan dan penanggulangan bencana ditunjukkan dengan partisipasinya dalam event pameran Jakarta Tangguh 2023 yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Minggu (18/6).

Dalam kegiatan menyambut HUT DKI ke 496 tersebut, Indonesia CARE memperkenalkan program-program lembaga serta memamerkan sejumlah peralatan Penanggulangan bencana yang dimiliki.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji tersebut Indonesia CARE menggandeng mitra strategisnya PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) dan Eiger.

"Kedua perusahaan itu merupakan mitra strategis dan berperan aktif mendukung Indonesia CARE dalam upaya penanggulangan kebencanaan mulai dari Semeru, hingga Cianjur," tandas Direktur Eksekutif Indonesia CARE, Lukman Azis Kurniawan di lokasi ajang pameran, di pintu air Malaka Sari, Banjir kanal Timur, Jakarta Timur.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo yang berkunjung ke stand Indonesia CARE mengapresiasi aktifnya Indonesia CARE dalam berbagai kegiatan Penanggulangan bencana di Indonesia. "Baru dua tahun lembaganya, namun kiprahnya sudah terlihat bersama dengan lembaga-lembaga lain yang sudah lama eksis," ungkap pria yang akrab disapa Papang tersebut

Didampingi ketua Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, Subur Rojinawi dan Ketua Tagana DKI, Johnny Marleen Siahaan Papang memuji Indonesia CARE yang berhasil menggandeng sejumlah dunia usaha untuk berpartisipasi aktif dalam Penanggulangan kebencanaan.

Senada dengan Papang, Ketua Squad Penanggulangan Bencana Indonesia Subur Rojinawi juga memberikan apresiasi positif. " Tanggal 23-25 Juni ini Indonesia CARE juga menggandeng dunia usaha (PPLI, Eiger dan Taman Impian Jaya Ancol) untuk program Pelatihan Survival On Disaster (SOD) untuk para jurnalis. Ini langkah bagus mengingat para jurnalis sering menjadi korban saat meliput di lokasi bencana," ujar Subur yang juga Komandan SAR Human Inisiative tersebut.

Program ini, lanjut Subur merupakan gagasan yang sangat baik dalam edukasi kebencanaan. "Perhatian Indonesia CARE terhadap insan media cukup besar,. Squad PBI dan Human Inisiative sangat mendukung program ini," imbuhnya.

Dalam kegiatan Pameran Jakarta Tangguh 2023 kali ini,  BPBD DKI Jakarta juga menggelar unjuk kebolehan dari sejumlah lembaga kerelawanan kebencanaan yang ada di Jakarta berupa aksi water rescue dengan perahu karet, ada flying fox, vertical rescue, first aid hingga trauma healing.

Sejumlah kegiatan2 lainnya seperti dapur umum, pameran diorama bencana hingga kendaraan operasi kebencanaan juga sempat ditampilkan.