Ikut Arahan Pj Gubernur, Food Station bersama Gapoktan Gelar Panen Raya di Tulang Bawang Barat

MUS • Friday, 16 Jun 2023 - 18:50 WIB

Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya selaku BUMD DKI Jakarta melakukan panen padi bersama sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung yang dipusatkan di Tiyuh (Desa) Margo Mulyo, Kecamatan Tumijajar Selasa (13/06/2023).

Direktur Operasional dan Bisnis Food Station Andre Maulana mengatakan kerjasama dengan mitra Gapoktan di berbagai daerah surplus produksi padinya merupakan amanat dari Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 

“Pj Gubernur ingin kolaborasi yang di lakukan memiliki dampak positif bagi daerah mitra, jangan melakukan kerjasama dengan daerah yang defisit ujar Andre dalam keterangan resminya, Rabu (15/6).

Menurutnya, panen bersama ini merupakan bentuk kolaborasi kerjasama Stand By Buyer (Pembeli Siaga) antara Gapoktan Koperasi Produsen Tani Ngudi Jaya Lestari  dan Food Station Tjipinang Jaya Jakarta yang sudah dimulai sejak  awal tahun 2023. 

“Kerja sama ini dilakukan di lahan seluas 400 Ha. Adapun varietas yang dibudidayakan adalah varietas Muncul dan IR 64” jelas Andre. 

Dikatakan Andre, melalui kolaborasi ini, produktivitas dapat ditingkatkan dengan melalui pendampingan implementasi teknologi Good Agriculture Practice, penanganan panen dan standar kualitas gabah kering panen. 

Hal ini lanjutnya, akan menjadi PR bersama untuk bisa meningkatkan hasil yang lebih baik lagi bagi petani, baik secara luasan lahan yang sekarang sudah mencapai 400 Ha, ataupun produktivitas per Hektarnya. 

“Harapannya kolaborasi ini dapat memberikan imbal balik positif bagi kedua belah pihak, yakni DKI Jakarta terjaga ketahanan pangannya sementara Petani Tubaba meningkat kesejahteraannya," ungkapnya. 

Lebih lanjut Andre menambahkan, hasil panen bersama ini akan segera dikirim kan ke Pabrik Mitra produksi Food Station di Pringsewu dan Kota Gajah, untuk selanjutnya nanti akan didistribusikan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang berbeda, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo menghadiri peresmian gudang baru dari PP Berkah Jaya dengan kapasitas 2.500 Ton di Desa Kerawang Sari, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung. 

“Kehadiran Food Station dalam peresmian Gudang baru dari PP Berkah Jaya ini merupakan sebuah penggambaran dari komitmen Food Station untuk tumbuh bersama Mitra,” ujar Pamrihadi.  

Melalui pembukaan Gudang baru ini, lanjut Pamrihadi, Food Station ingin menunjukkan bahwa Mitra Produksi kami confidence atau percaya diri bahwa volume kerjasamanya akan bertambah, sehingga akan memberikan domino effect kepada mitra di tempat lainnya terutama bagi para petani selama ini menyuplai bahan baku ke Berkah Jaya.  

Sebagai informasi, kerja sama antara Food Station dengan PP Berkah Jaya sudah terjalin sejak tahun 2017. Adapun volume kerjasamanya terus bertumbuh dari awalnya kurang dari 100 ton per bulan, menjadi berkali lipat saat ini.

“Kami berharap dengan pembukaan gudang baru PP Berkah Jaya ini, semakin besar kemampuan untuk menyerap hasil panen dari petani lokal dan memberikan ketenangan  bagi petani dalam melakukan budidaya pertanian, karena hasil panennya sudah ada yang akan menyerap,” tandasnya.