Kuku Bima Sido Muncul Kembali Gelar Operasi Gratis Bibir Sumbing

LAN • Friday, 16 Jun 2023 - 15:41 WIB

JAKARTA – PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk melalui produk unggulannya Suplemen Kesehatan Kuku Bima kembali menggelar operasi bibir sumbing gratis. 

Bekerja sama dengan Smile Train Indonesia, Sido Muncul kali ini memberikan bantuan oeprasi gratis bagi 50 penderita Sumbing Bibir di RS Hermina Podomoro, Jakarta Utara, belum lama ini.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyerahkan secara simbolis biaya pengobatan senilai Rp350 juta kepada Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati.

“Ini wujud kerja sama Sido Muncul dan Smile Train untuk lebih banyak memberikan senyum kepada mereka. Target kami setahun kami bisa memberikan operasi gratis pada 2000 – 4000 pasien,” ujar Irwan.

Irwan berharap, kerja sama ini akan terus berjalan karena anak-anak yang menderita binir sumbing mengalami susah makan dan kurang percaya diri terhadap penampilannya.

Selain itu, tutur Irwan, melalui kegiatan sosial yang diadakan Suplemen Kesehatan Kuku Bima Sido Muncul ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama.

“Kami harap baksos operasi sumbing bibir ini dapat menginspirasi berbagai pihak untuk ikut menyelenggarakan kegiatan serupa. Sebab, angka penderita sumbing bibir di Indonesia tergolong masih tinggi. Semakin banyak yang adain, mudah-mudahan makin banyak yang bisa terobati,” tutur Irwan.

Sementara itu, Country Manager Smile Train Indonesia Deasy larasati menuturkan, setiap tahun di Indonesia ada 8.000 – 10.000 kelahiran bayi dengan bibir dumbing.

Pihaknya mengapresiasi bantuan dan komitmen yang diberikan Sido Muncul untuk membantu anak-anak Indonesia, terutama mereka yng mengalami bibir sumbing ini.

“Per tahun di Indoensia kurang lebih bayi lahir dengan bibir sumbing sekitar 8.000 – 10.000, sehingga dengan bantuan dan komitmen Sido Muncul ini maka akan membantu 50% jumlah kelahiran bibis sumbing di Indonesia,” ujar Deasy.

Sebelumnya, Sido Muncul juga memberikan bantuan operasi gratis bagi pasien katarak untuk masyarakat tidak mampu di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Sido Muncul menggandeng Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Dinas Kesehatan Jawa Barat. Kegiatan operasi dikuti sebanyak 150 penderita katarak di RSUD Bandung Kiwari.

Menurut Irwan, pelaksanaan operasi katarak gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan.

Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 55.000 mata di seluruh Indonesia. Sedangkan tahun ini, pihaknya menargetkan 12.000 mata pasien. (APb)