Survei IPO, Elektabilitas Partai Perindo Terus Melesat Tembus 4,5 Persen

FAZ • Friday, 16 Jun 2023 - 15:10 WIB

Jakarta - Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terus menguat jelang Pemilu 2024. Dalam survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO), Partai Perindo meraih 4,5 persen.

Hal tersebut terungkap dalam hasil survei bertajuk 'Persepsi Publik atas Kebijakan dan Kinerja Pemerintah, Elektabilitas Partai dan Kandidasi Pilpres 2024', Jumat (16/6/2023).

Dari hasil survei ini, Partai Perindo berpotensi lolos ke Senayan karena melampaui ambang batas parlemen 4,0 persen. 

Direktur Eksekutif IPO, Dede Kurnia Syah mengatakan pihaknya memberikan pertanyaan kepada responden yakni partai politik mana yang bakal dipilih kalau Pemilu dilaksanakan hari ini.

Dalam survei ini, PDI Perjuangan (PDIP) menempati posisi pertama dengan elektabilitas 21,5 persen. Menyusul di urutan kedua Partai Gerindra dengan elektabilitas 19,7 persen, dan di urutan ketiga ada Partai Golkar dengan elektabilitas 9,3 persen.

Partai Perindo ada di urutan kesembilan dengan 4,5 persen atau di atas partai parlemen yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang hanya meraih 2,1 persen.

Lembaga IPO melaksanakan survei tatap muka langsung pada 5-13 Juni 2023 dengan menggunakan multistage random sampling.

Margin of error survei yakni 2,9 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen. Responden berjumlah 1.200 orang yang tersebar proporsional secara nasional.