BAZNAS Salurkan Bantuan Panel Solar dan Pembangunan Masjid di Maluku Barat Daya

ANP • Thursday, 15 Jun 2023 - 21:51 WIB

MALUKU - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan panel solar dan bantuan pembangunan Masjid di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) tepatnya di Maluku Barat Daya.

BAZNAS menyalurkan sebanyak enam unit panel solar dengan kapasitas 500 watt yang akan diberikan kepada Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) dan masyarakat sekitar dengan total bantuan sebesar Rp87 juta rupiah.

BAZNAS juga memberikan bantuan pembangunan Masjid Nurul Iman Kota Tiakur sebesar Rp150 juta yang merupakan satu-satunya masjid di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Kepala BNPP Muhammad Tito Karnavian di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1511, Pulau Moa, MBD, Kamis (15/6/2023).

Penyerahan bantuan ini salah satu rangkaian kegiatan BNPP dalam Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2023 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku.

Turut hadir Gubernur Maluku, Murad Ismail, Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach beserta jajaran Forkopimda.

"Bantuan yang diinisiasi BAZNAS ini meliputi pemberian enam unit panel solar, dan pembangunan Masijid Nurul Iman yang merupakan bentuk implementasi dana zakat, infak dan sedekah yang disalurkan masyarakat melalui BAZNAS untuk membantu masyarakat di mana pun, termasuk di wilayah 3T," kata Ketua BAZNAS, Prof Dr KH Noor Achmad, MA., Kamis (15/6/2023).

Noor menambahkan, penyerahan bantuan juga merupakan tindakan nyata dari BAZNAS, TNI dan BNPP yang bersinergi dalam pemberdayaan mustahik yang menyasar daerah perbatasan dan pesisir. 

"Bersama TNI dan BNPP, BAZNAS berkomitmen untuk membantu pengentasan kemiskinan di wilayah 3T, salah satunya di Maluku Barat Daya ini. Apalagi kita ketahui bersama Maluku Barat Daya merupakan salah satu daerah terluar Republik Indonesia. Untuk itu, kami bertekad terus memberikan pelayanan terbaik kepada saudara-saudara kita di daerah terluar, termasuk daerah lain," ucapnya. 

Berbagai program telah dicanangkan BAZNAS demi mendukung transformasi mustahik menjadi muzaki di perbatasan, yakni di antaranya sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan dakwah, sosial kemanusiaan, dan sinergi edukasi penghimpunan zakat melalui UPZ. 

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk sosialisasi program pengentasan kemiskinan BAZNAS, serta sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah 3T, khususnya di wilayah Maluku Barat Daya," kata Noor. 

Lebih lanjut Prof Noor mengatakan, penyaluran bantuan panel solar dan pembangunan masjid ini diharapkan mampu memudahkan aktivitas sehari-hari masyarakat di wilayah Maluku Barat Daya, khususnya bagi wilayah yang belum teraliri jaringan listrik. 

"Untuk bantuan panel solar ini akan ditempatkan di Pulau Meatimiarang, Pulau Letti, Pulau Kisar, Pulau Wetar, Pulau Lirang dan Pulau Masela. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan secara maksimal dan memberi manfaat besar kepada masyarakat di wilayah Maluku Barat Daya," tambahnya.

Prof Noor menyebut, bantuan ini bisa terealisasi karena sumbangsih dari masyarakat yang telah menyalurkan dananya, baik itu zakat, infak dan sedekah melalui BAZNAS. Sehingga berbagai program yang digulirkan BAZNAS bisa berjalan dengan maksimal dan memberi kesejahteraan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Terima kasih kepada muzaki yang telah menyalurkan dananya melalui BAZNAS. Semoga apa yang diberikan dapat memberi manfaat kepada mustahik sehingga dapat berdaya dan bertransformasi menjadi muzaki di kemudian hari," kata Prof Noor.

Sementara itu, Plh Sekretaris BNPP RI Robert Simbolon, MPA menyampaikan terima kasih atas bantuan panel solar dan bantuan pembangunan dari BAZNAS RI. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Maluku Barat Daya H Muhammad Taher mengatakan, Masjid Nurul Iman merupakan masjid/mushola satu-satunya di wilayah Maluku Barat Daya. Menurutnya, dengan adanya bantuan dari BAZNAS ini, Masjid akan dibangun dengan layak dan menjadi masjid terbesar di wilayah Maluku Barat Daya. 

Bantuan ini pun  juga disambut baik oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina. Menurutnya, bantuan panel solar dari BAZNAS ini akan memberikan manfaat bagi prajurit TNI dan masyarakat Maluku Barat Daya, karena selama ini pengadaan listrik sangat terbatas di wilayah tersebut.

BAZNAS bersama TNI dan BNPP terus berkomitmen membantu pengembangan wilayah 3T di Indonesia. 

Sebelumnya pada Mei 2022, BAZNAS telah berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat di daerah perbatasan, dengan memberikan bantuan 175 jaring tangkap nelayan perbatasan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. 

BAZNAS juga telah membangun Rumah Sehat BAZNAS di Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, demi memberi akses kesehatan gratis kepada masyarakat perbatasan.