Soft Opening Grebeg UMKM DIY 2023: Menuju DIY Sebagai Episentrum UMKM Global

MUS • Thursday, 15 Jun 2023 - 14:18 WIB

Yogyakarta - Sebagai wujud kontribusi nyata pengembangan ekonomi kreatif di Yogyakarta, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta kembali menyelenggarakan kegiatan

Grebeg UMKM 2023 mengusung tema “Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Pengembangan UMKM menuju DIY sebagai Episentrum UMKM Global”. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya melalui event Jogja Fashion Week, Bank Indonesia juga menginisiasi event Jogja Fashion Trend (JFT) 2023 dalam rangkaian Grebeg UMKM 2023 sebagai wadah promosi dan aktualisasi para designer dan pelaku usaha di bidang Fashion.

Adapun soft opening Grebeg UMKM DIY 2023 dilaksanakan secara offline pada hari Rabu, 14 Juni 2023 di Gedung Heritage, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY yang dihadiri oleh Ketua Harian Dekranasda DIY GKBRAy Adipati Paku Alam, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Bapak Budiharto Setyawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Ibu Syam Arjayanti, Project Director Jogja Fashion Trend (JFT) 2023 Bapak Afif Syakur, Creative Director JFT Bapak Philip, Para Designer, Media massa, serta stakeholders terkait.

Soft opening Grebeg UMKM DIY 2023 diawali dengan pertunjukkan fashion dari beberapa designer, penyampaian sambutan dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, serta dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh GKBRAy Adipati Paku Alam. 

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Budiharto Setyawan menyampaikan bahwa “Sektor pariwisata dan sektor UMKM memegang peranan yang cukup mendominasi bagi perekonomian DIY. Berkenaan dengan hal tersebut, besar harapan kami, event Grebeg UMKM DIY 2023 dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pelaku bisnis baik fashion, food, maupun craft di DIY dan sekitarnya, serta dapat memberikan dampak positif bagi percepatan pemulihan perekonomian DIY.”

 Adapun selebrasi Grebeg UMKM DIY 2023 akan diselenggarakan 11-16 Juli 2023 di Pakuwon Mall Yogyakarta dan Hotel Tentrem dengan rangkaian acara meliputi gelaran Fashion Show "Jogja Fashion Trend 2023" dengan tema "Unity in Diversity" ; Pameran Grebeg UMKM ; Capacity Building Kontemporer Batik Millenial ; Talkshow UMK dan Digitalisasi Pembayaran ; Bussiness Matching (BM) Pembiayaan ; Jogja Economic Forum 2023 ; ASEAN Public Lecturer Series, berbagai kompetisi sebagai bagian dari Road to Fesyar, serta Sosialisasi CBP dan QRIS. (Yof)