Perindo Dukung Ganjar Pranowo, Diyakini Bawa Kontribusi Positif

FAZ • Wednesday, 14 Jun 2023 - 07:24 WIB

Jakarta - Direktur Polieco Digital Insight Institute (PEDAS) Anthony Leong meyakini, banyaknya dukungan ke Ganjar Pranowo untuk maju Pemilihan Presiden (Pilpres 2024), dapat memberi tren positif terhadap Gubernur Jawa Tengah itu. Salah satu yang memberikan dampak elektabilitas untuk ganjar ke depan adalah adanya dukungan Partai Persatuan Indonesia atau biasa disingkat Partai Perindo

"Kalau 2 minggu lalu momentumnya di Prabowo, kini sentimen positif dan tren ada di Ganjar Pranowo. Dengan dukungan dari Perindo pasti memberikan kontribusi positif karena Pak Hary Tanoe dan perangkatnya pasti akan menggerakkan seluruh infrastruktur untuk Ganjar dari media hingga mesin parpol. Perindo juga semakin punya kans yang besar untuk lolos ke Senayan dengan memantapkan kerjasama politik ini," kata Anthony dalam keterangannya di Jakarta (14/6).

Adapun sosok yang belakangan santer diisukan masuk bursa bakal cawapres Ganjar di Pilpres mendatang, ialah Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. Anthony mengatakan Ketua Harian Perindo itu memiliki latar belakang keagamaan yang kuat, dapat memberikan kestabilan dan mengedepankan toleransi beragama dalam kepemimpinannya.

"Menjabat Gubernur NTB dua periode dan juga pernah menjadi anggota DPR RI menjadi modal yang kuat. Cocok dengan Ganjar representasi tokoh muda nasionalis - religius," ujar Anthony.

Seperti yang diketahui, TGB merupakan ulama besar yang berkaliber internasional dan tokoh agama yang sangat dihormati di dalam maupun luar negeri. TGB adalah alumni Gontor. Kemudian menamatkan pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Sebelumnya Partai Perindo resmi melakukan kerjasama politik bersama PDIP untuk Pilpres 2024 mendatang. Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menyebut PDIP ia nilai paling siap di antara partai lain. Hary Tanoe menjelaskan PDIP menjadi partai yang paling siap dalam menghadapi kontestasi politik mendatang. Salah satunya presidential threshold yang sudah melebihi 20%. Sementara itu, partai lainnya belum siap.

"Karena PDIP adalah partai yang paling siap. Yang sudah memiliki threshold lebih dari 20% untuk mengusung capres, calon presiden. Sedangkan partai lain itu masih belum bisa, kapan siap nya kita tidak tahu. Bisa bulan ini, bisa bulan depan, bisa dua bulan lagi," kata Hary Tanoe di DPP Partai Perindo, Jakarta Pusat, Minggu (11/6/2023).