Luncurkan Kanal Pengaduan “Jemaah Lapor Gusmen”, Tenaga Ahli Menteri Agama: ini Akan Membantu Jemaah Haji

LAN • Monday, 12 Jun 2023 - 14:32 WIB

Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) baru saja meluncurkan kanal pengaduan untuk para jemaah haji yang bertajuk "Jemaah Lapor Gusmen". Kanal pengaduan ini diluncurkan untuk memudahkan para jemaah haji dalam menyampaikan permasalahannya selama menjalani prosesi ibadah haji di tanah suci.

 

For Your Information, kanal pengaduan "Jemaah Lapor Gusmen" dapat diakses melalui aplikasi PUSAKA Superapps atau https://laporhajigusmen.kemenag.go.id/. Mahmud Syaltout selaku Tenaga Ahli Menteri Agama menjelaskan bahwa laporan yang masuk dalam kanal pengaduan ini nantinya akan dimonitor langsung oleh Menteri Agama (Menag), yakni Yaqut Cholil Qoumas.

 

“Jemaah bisa langsung lapor kalau ada masalah saat prosesi ibadah haji di Arab Saudi. Nanti laporan itu bisa dibaca langsung di dashboard. Jadi ketahuan titik masalahnya di mana hingga nantinya bisa dicarikan solusinya,” ujar Mahmud Syaltout, Tenaga Ahli Menteri Agama, di Madinah, Minggu, (11/06/2023).

 

Syaltout menambahkan, bila masalah tidak tertangani, pihaknya akan memanggil pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan masalah tersebut. Seluruh laporan yang masuk ke kanal pengaduan "Jemaah Lapor Gusmen" nantinya akan dipilah terlebih dahulu untuk segera ditangani.

(Savira)