UBHARA Lakukan Riset Terhadap Pelanggan Coffee Shop Di Bekasi

ANP • Sunday, 11 Jun 2023 - 15:56 WIB

BEKASI - Sebagai bentuk support terhadap industri kopi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) bersama dengan jaringan kopi Coffee Curve Research, melakukan riset terhadap para pelanggan coffee shop di beberapa coffee shop di Bekasi.

Demikian disampaikan Ketua kelompok pengabdian kepada masyarakat, Prasojo S.Sos., M.si. dalam keterangan tertulisnya. Dia menjelaskan, buka hanya dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia saat ini juga dikenal sebagai negara yang dengan tingkat konsumsinya terbesar ke-5 di dunia berdasarkan data dari International Coffee Organization (ICO) pada tahun 2022. 

"Banyaknya event kopi, baik pada tingkat nasional maupun daerah, menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk lebih intensif mengkonsumsi minuman satu ini. Sehingga tak heran jika antusias masyarakat terhadap kopi cukup besar," ungkapnya.

Perlu diketahui, pada Kamis, 1 Juni 2023 dilaksankannya Sosialisasi awal rencana riset dengan Peserta : Adi (Founder Tjangkir Kopi), Leo (Founder Kawula Muda & Tempat Singgah), Rachmat (Founder Kopi Suara Rakyat/Kopsur), Aan (Founder tiga tiga kopi), Tri Nugraha (Founder Insan Space), Prasojo (Tim Riset), Choco (Tim Riset), Tiara (Tim Riset).

"Bercermin pada data di atas, eksistensi coffee shop juga semakin “membumi” di tengah masyarakat, baik sebagai tempat menikmati kopi, tempat bersosialiasi, maupun aktivitas lainnya. Namun pada masa pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 hingga akhir tahun 2022, menjadi masa-masa yang cukup berat bagi sebagian coffee shop untuk menjaga eksistensinya. Pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas kegiatan masyarakat atau yang dikenal dengan PPKM, membuat pelanggan coffee shop tidak dibolehkan untuk dine in atau paling tidak dibatasi waktunya untuk berada di coffee shop. Fenomena kebijakan PPKM bukan hanya berdampak kepada eksistensi coffee shop, tapi juga berdampak kepada pola perilaku pelanggan coffee shop," tambah Prasojo, Dosen Tetap Fakultas Komunikasi Ubhara Jaya itu.

Prasojo menjelaskan, Ubhara Jaya melalui kelompok pengabdian kepada masyarakat bersama dengan Coffee Curve Research dalam proyek Pengabdian Masyarakat hibah internal tahun 2023, melakukan penelaahan terhadap pelanggan coffee shop di beberapa tempat coffee shop yang berdomisili di Kota Bekasi di antaranya yaitu Tiga Tiga Kopi, Kopi Suara Rakyat (Kopsur), Tjangkir Kopi, Kawula Muda, dan Insan Space. 

"Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat memberikan gambaran kepada coffee shop terkait dengan perubahan pola perilaku pelanggan coffee shop dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan penjualan dengan memperhatikan kepuasan pelanggan," Pungkas dia.