UMB Dorong Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia

ANP • Saturday, 10 Jun 2023 - 11:55 WIB

JAKARTA - Masyarakat dinilai perlu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) secara optimal di masa pandemi ini. Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun ini membuat aktivitas pembelajaran dilakukan dari rumah. 

Sejumlah dosen program studi Sistem Fakultas Ilmu Komputer Unvierstias Mercu Buana yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain Bagus Priambodo, Yuwan Jumaryadi, Rinto Priambodo, Anita Ratnasari, Sarwati Rahayu, Nur Ani, Nia Rahma Kurnianda, dan Inge Handriani

Guna mendorong masyarakat memanfaatkan Iptek pasca pandemi Covid-19, tim dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat.

"Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengenalkan aplikasi pengembangan bahan ajar berbasis multimedia," ujar Ketua Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fasilkom UMB, Dr. Bagus Priambodo.

Dalam sambutannya, Dr. Ruci Meiyanti Selaku Kaprodi Sistem Informasi mengatakan, "Era Teknologi yang semakin berkembang jika kita tidak bisa mengikutinya maka kita akan termasuk generasi yang terbelakang oleh karena itu peran dari Dosen UMB untuk membantu bapak/ibu guru dari TK/PAUD kecamatan Sukaraja untuk dapat meningkatan kemampuan dan keterampilannya dalam penggunaan bahan ajar berbasis multimedia".

Sharing knowledge tersebut dihelat dalam bentuk Webinar yang dilaksanakan secara online dan juga pendampingan secara offline yang diikuti para pendidik di Kecamatan Sukaraja Bogor. Menurut Bagus Priambodo, kegiatan yang berlangsung pada 12 Mei 2023 itu bertujuan agar para guru dapat lebih mengenal kembali mengenai aplikasi pembelajaran bahan ajar berbasis multimedia.

"Kegiatan yang dilaksanakan untuk menambah wawasan para pendidik terlebih dengan adanya merdeka belajar dan teknologi yang berkembang, maka kegiatan pengabdian yang dilaksanakan merupakan kesempatan untuk menambah ilmu dan kegiatan pengabdian ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa dan diharapkan kerja sama yang ada dapat terus berlanjut" Ketua PKG PAUD Kecamata Sukaraja, Fidha Fitriani, SE.

Ayo Mustaro, S.Pd, M.Pd. selaku Penilik Kecamatan Sukaraja dan Pengawas ketua IPI Kabupaten Bogor menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan aplikasi pembelajaran untuk pengembangan bahan ajar berbasis multimedia.

Ada sejumlah materi yang disampaikan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Topik-topik tersebut antara lain Pelatihan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Untuk Membuat Lembar Kerja dan Asesmen Murid, Pelatihan membuat media pembelajaran dan presentasi menggunakan iSpring, Pemanfaatan aplikasi Canva untuk mendukung kreatifitas penunjang kurikulum sekolah, Pengenalan Aplikasi Trinket untuk Pengenalan Coding pada Anak, Penggunaan powtoon untuk mendukung media pembelajaran, Pemanfaatan Assembler Edu untuk pembuatan media pembelajaran multimedia interaktif, Pengenalan Technologi Informasi untuk Pengajaran dan Pembelajaran, Pelatihan visualisasi data untuk presentasi laporan menggunakan python.

“Walaupun diselenggarakan secara virtual, hal ini tidak mengurangi semangat para peserta dalam berbagi pengetahuan mengenai pengenalan aplikasi untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia,” ujar Bagus Priambodo.

Harapannya Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana terus memberikan ilmu yang bermanfaat dan menyebarluaskan keterampilan menggunakan aplikasi multimedia tersebut kepada guru dan praktisi pendidikan di PAUD Kecamata Sukaraja.