Pemeringkatam THE Terbaru, Untar Masuk Daftar 400 Besar Perguruan Tinggi Dunia

AKM • Friday, 9 Jun 2023 - 16:46 WIB

Jakarta - The Times Higher Education (THE) kembali melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dunia. THE merupakan rujukan peringkat perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis setiap tahuunnya.

Pada tahun 2023 ini, Universitas Tarumanagara (Untar) masuk daftar 400 besar perguruan tinggi dunia berdasarkan pemeringkatan The Times Higher Education (THE) terbaru.

Untar memperoleh peringkat pada tiga kategori, yakni Quality Education (401-600); Industry, Innovation, and Infrastructure (401-600), dan Partnerships for the Goals (1001+).

Menurut keterangan THE Ranking, kategori Quality Education mengukur penelitian perguruan tinggi terkait kelaparan, pengajaran tentang keberlanjutan pangan, komitmen mengatasi pemborosan makanan, serta mengatasi kelaparan di kampus dan tingkat lokal. Sebanyak 647 universitas dari 81 negara masuk dalam pemeringkatan kategori ini.

Sedangkan kategori Industry, Innovation, and Infrastructure diambil dari data penelitian universitas tentang industri dan inovasi, jumlah paten dan perusahaan spin-off, serta pendapatan penelitian dari industri. Terdapat 873 perguruan tinggi dari 87 negara masuk dalam kategori ini.

Adapun kategori Partnerships for the Goals menilai cara universitas dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), melalui kolaborasi dengan negara lain, promosi, dan publikasi data.

Menanggapi prestasi ini, Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan mengatakan bahwa hasil tersebut menunjukkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Untar telah dilaksanakan dengan baik, dan berdampak pada masyarakat.

"Untar akan terus meningkatkan kualitas pengelolaan, kegiatan pembelajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang mendukung tercapainya SDGs," ttandasnya.