Hari Akreditasi Dunia 2023, Akreditasi Mendukung Masa Depan Perdagangan Global

FAZ • Friday, 9 Jun 2023 - 13:20 WIB

Jakarta - Setiap tanggal 9 Juni diperingati sebagai Hari Akreditasi Dunia (World Accreditation Day) #WAD2023, khususnya oleh negara-negara anggota International Accreditation Forum (IAF) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC). Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) merupakan anggota IAF dan ILAC.

Hari Akreditasi Dunia merupakan sebuah inisiatif global yang ditetapkan oleh ILAC dan IAF untuk mempromosikan akreditasi. Tahun 2023, Hari Akreditasi Dunia mengambil tema “Accreditation: Supporting the Future of Global Trade”. Tema ini fokus pada bagaimana akreditasi mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) 1, 2, 3, 5, 8, 9, 10, 14 dan 17.

“Akreditasi mendukung perdagangan global dengan memfasilitasi pemerintah, bisnis, dan konsumen, dalam memenuhi beragam kebutuhan, mulai dari menjamin keamanan produk, mewujudkan tata kelola yang baik, mengantisipasi perubahan iklim, menyediakan energi yang berkelanjutan, mewujudkan perdagangan yang adil serta meningkatkan kepercayaan publik,” ungkap Kepala BSN pada peringatan Hari Akreditasi Dunia Tahun 2023 di Kantor BSN, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Dalam pernyataan bersama IAF dan ILAC, disampaikan bahwa tema ini menggambarkan bagaimana akreditasi dan penilaian kesesuaian beradaptasi terhadap kemajuan teknologi, perubahan perilaku konsumen dan regulasi lingkungan, mekanisme kepercayaan baru, serta perubahan model bisnis.

Akreditasi dan kegiatan penilaian kesesuaian terakreditasi dapat mendukung restrukturisasi rantai pasok global yang terus menjadi sumber normalisasi perdagangan, di mana organisasi terus mencari pasar yang baru serta peluang investasi untuk pembangunan rantai pasok yang tangguh dan fleksibel.

Hal ini akan memperkuat pertumbuhan jangka panjang dalam hubungan perdagangan multilateral dan bilateral serta menambah nilai saling pengakuan (Mutual Recognition Arrangements) di ILAC/IAF dalam mempromosikan efisiensi dan ketahanan rantai pasok yang lebih besar. Sama pentingnya seperti beberapa dekade yang lalu, saat ini, maupun di masa yang akan datang, akreditasi terus mendukung perdagangan dunia untuk konsumen, bisnis, pemerintah, dan regulator sejenis. Sistem yang terintegrasi antara standar, regulasi, metrologi dan penilaian kesesuaian terakreditasi menciptakan infrastruktur mutu.

Dalam rangka menyambut Hari Akreditasi Dunia, BSN dan KAN dalam rangkaian Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2023 melaksanakan Pertemuan Teknis Laboratorium, Penyelenggara Uji Profisiensi, dan Produsen Bahan Acuan (15/6/2023) dengan tema “Akreditasi Mendukung Perdagangan Global dan Meningkatkan Mutu Produk Nasional Melalui Laboratorium yang Kompeten,” yang dihadiri 800 peserta, serta Pertemuan Teknis Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi (15/6/2023) dengan tema “Akreditasi dan Sertifikasi Mendorong Produk Lokal yang Berdaya Saing Global dan Berkelanjutan,” yang dihadiri 400 peserta yang mewakili Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) terakreditasi oleh KAN.