DWP BPBD Jatim Gelar Sosialisasi dan Simulasi Bencana di SLBN

LAN • Friday, 9 Jun 2023 - 11:49 WIB

Surabaya - Sebagai support system kinerja BPBD Jatim, Tim Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPBD Jatim kembali menunjukkan kiprahnya.

Kali ini dengan menggelar “Sosialisasi dan Simulasi Kebencanaan bagi Anak Penyandang Disabilitas” di SLB Negeri Gedangan, Kab. Sidoarjo.

Kegiatan yang melibatkan para guru dan civitas akademika SLBN Gedangan ini dihadiri langsung oleh Ketua DWP BPBD Jatim, Ny. Rahmawaty Gatot Soebroto dan segenap pengurus DWP BPBD Jatim. Kegiatan ini juga menggandeng Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim, untuk memberikan materi tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana Inklusi (SPAB-I). 

Selain itu, juga ada tim TRC BPBD Jatim yang mengajak peserta untuk berlatih simulasi ancaman bencana gempa bumi dan kebakaran.

Kepala Sekolah SLBN Gedangan, Miseri M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan ini. 

Ia mengatakan, kunjungan DWP BPBD Jatim ini adalah kunjungan DWP pertama kali yang diterima dari luar instansi pendidikan.

"Jika selama ini, masyarakat berasumsi bahwa BPBD hanya membantu korban yang terdampak bencana saja, pada kesempatan ini DWP BPBD Jatim ternyata juga memberikan pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana disini," ujarnya.

Tentu, kegiatan ini, lanjutnya, akan menjadi investasi pengetahuan yang sangat berguna untuk keluarga besar SLBN Gedangan. 

Sementara, Ketua DWP BPBD Jatim dalam sambutannya juga menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana, mengingat Jawa Timur memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadi bencana. 

"Semoga sosialisasi dan simulasi ini bisa meningkatkan kapasitas kebencanaan keluarga besar SLBN Gedangan dan menjadi upaya untuk mengurangi risiko bencana bagi anak-anak berkebutuhan khusus," tuturnya.