Menjajal Haramain Express, Kereta Cepat Penghubung 2 Kota Suci

MUS • Thursday, 8 Jun 2023 - 23:20 WIB

Madinah - Perjalanan dari Madinah ke Jeddah, Arab Saudi, kali ini terasa lebih singkat. 

Setelah menempuh rute Jeddah-Madinah menggunakan bus, yang memakan waktu hingga 6 jam, kali ini MNC Trijaya menyusuri arah sebaliknya dengan menjajal kereta cepat kebanggaan Arab Saudi, Haramain High Speed Railway alias Haramain Express, Kamis (8/6), 

Waktu tempuh pun terpangkas lumayan, dari yang tadinya 6 jam kini kurang dari 2 jam. 

Kami berangkat dari stasiun kereta cepat Madinah Haramain, di distrik Al Hadra yang berjarak ± 10 km dari masjid Nabawi.

Tepat pukul 11.00 WAS, sesuai jadwal, kereta melesat. Tak berapa lama, layar informasi di dalam gerbong menunjukkan kecepatan kereta mendekati 300 km/jam.

Jika lapar atau haus, ada satu gerbong khusus yang menyediakan cemilan ringan dan minuman. Segelas kopi Americano yang saya pesan, dihargai 12 riyal atau kira-kira Rp 48 ribu. 

Belum bosan menatapi hamparan gurun dan bukit-bukit batu yang gagah menjulang sambil menyeruput kopi pahit, kereta sudah tiba di stasiun bandara internasional Jeddah. Lagi-lagi waktu perjalanannya persis sesuai estimasi: 1 jam 48 menit. 

LIHAT JUGA: Kereta cepat Haramain Express, Madinah to Jeddah

Tersedia di lima stasiun

Haramain High Speed Railway diresmikan pada 2018, melayani rute sejauh 450 kilometer yang menghubungkan 2 kota suci, Makkah ke Madinah dan sebaliknya, serta berhenti di kota Jeddah. 

Kereta cepat melewati lima stasiun sepanjang rute Makkah - Madinah, yakni Stasiun Makkah, Stasiun Jeddah, Stasiun Bandara King Abdul Aziz, Stasiun Kota Ekonomi Raja Abdullah dan Stasiun Madinah. 

Cara membeli tiket

Pemesanan tiket dapat dilakukan secara online di laman resmi Haramain High Speed Railway https://sar.hhr.sa/timetable# atau lewat aplikasi HHR Train. 
 
Pilih lokasi keberangkatan, tujuan dan tanggal perjalanan, lalu klik tombol search. Muncul jadwal perjalanan yang bisa dipilih sesuai keperluan, lengkap dengan tanggal, jam, dan harga tiket. 

Harganya bervariasi. Untuk kelas ekonomi di kisaran 125 riyal hingga 200 riyal atau sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu. Sedangkan tiket kelas bisnis, dibandrol mulai dari 330 riyal atau Rp 1,3 juta. 

Setelah memilih jadwal perjalanan yang diinginkan, anda diminta melengkapi data diri, termasuk dokumen paspor untuk penumpang internasional. 

Selanjutnya tinggal membayar, dengan memasukkan detail kartu kredit atau kartu debit. Setelah pembayaran dikonfirmasi, tiket langsung dikirim melalui email.

Meski harganya tak murah, tapi pengalaman menaiki 'jet darat' Saudi ini sangat layak dicoba. (Mus)