Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Disambut PM Malaysia dan Istri di Seri Perdana

ANP • Thursday, 8 Jun 2023 - 20:21 WIB

PUTRAJAYA - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Dato’ Seri Anwar Ibrahim di Kompleks Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, pada Kamis, 8 Juni 2023. Tiba sekitar pukul 10.00 waktu setempat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut langsung oleh PM Anwar dan Dato’ Seri Wan Azizah. 

Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana juga turut disambut oleh persembahan tarian dan silat Melayu. Selanjutnya, Presiden dan Ibu Iriana memasuki salah satu bagian ruangan di Seri Perdana untuk menandatangani buku tamu.

Setelahnya, PM Anwar mempersilakan Presiden Joko Widodo menuju area lobi untuk memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara. Delegasi Indonesia yang hadir yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama Muhammad Aqil Irham, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono.

Selesai memperkenalkan delegasi masing-masing, PM Anwar kemudian mengajak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana untuk berfoto bersama di tempat yang sama. Setelah itu, PM Anwar mengajak Presiden Jokowi menuju Anjung Perdana untuk melakukan pertemuan empat mata _(tête-à-tête)._ 

Usai perbincangan tersebut, kedua pemimpin kemudian menuju Dewan Protokol Hall untuk menyaksikan pertukaran nota kesepahaman atau _memorandum of understanding_ (MoU) yang telah disepakati oleh kedua negara. Rangkaian pertemuan tersebut diakhiri dengan pernyataan pers bersama oleh Presiden Jokowi dan PM Anwar. 

Sementara itu, Ibu Iriana mengikuti jamuan minum pagi bersama Dato’ Seri Wan Azizah yang digelar di Lake Putrajaya Cruise.