Unik! Jemaah Calon Haji Asal Gunungkidul Gunakan Blangkon Saat Berada di Tanah Suci

LAN • Thursday, 8 Jun 2023 - 14:24 WIB

Jakarta - Berita unik datang dari Gunungkidul, Penampilan para jemaah calon haji laki-laki Kloter 47 dari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang kenakan blangkon untuk beribadah di tanah suci kini menjadi sorotan di tengah masyarakat.

Nantinya, akan ada 140 jemaah asal Gunungkidul yang memakai blangkon. For Your Information, blangkon yang akan dipakai ini merupakan khas Jawa dengan gaya Yogyakarta.

Penggunaan blangkon dianggap sebagai penanda bagi jemaah Kloter 47 asal Gunungkidul karena nantinya ada jutaan umat muslim yang menunaikan ibadah haji di tanah suci. Maka dari itu, penggunaan blangkon ini diharapkan dapat memudahkan koordinasi.

Mukotip Salamun Suryat selaku Ketua Rombongan Kloter 47 Embarkasi Solo mengatakan bahwa penggunaan blangkon dianggap dapat memperkenalkan sekaligus mengangkat budaya Jawa khususnya Jogja ke dunia. Tak hanya itu, pemakaian blangkon juga dapat dijadikan sebagai identitas tersendiri.

Mukotip berharap, penggunaan blangkon nantinya akan memudahkan dirinya untuk berkoordinasi dengan para jemaah. Ia menambahkan, hal ini dilakukan agar ketika terpisah nanti para jemaah akan mudah mengenali rombongannya.

(Savira)