BAZNAS Raih Dua Penghargaan TOP CSR Awards 2023

ANP • Thursday, 8 Jun 2023 - 11:28 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meraih dua penghargaan TOP CSR Awards 2023 yang diselenggarakan Majalah Top Business, bekerja sama dengan beberapa asosiasi dan konsultan CSR.

Adapun dua kategori penghargaan yang diraih terdiri atas TOP CSR Awards 2023 on Star 4, serta TOP Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan kepada Deputi I BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta. 

Penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan di Jakarta, Rabu malam (7/6/2023). Turut Hadir Direktur Pengumpulan Perorangan BAZNAS RI Fitriansyah Agus Setiawan, serta Kepala Divisi CSR BAZNAS RI Budi Setiawan. 

Dalam keterangan tertulis, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, mengatakan, penghargaan ini merupakan pengakuan dari pihak eksternal dan stakeholder bahwa BAZNAS sangat layak menjadi mitra utama pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR) bagi segenap perusahaan. 

Lebih lanjut, Prof. Noor menjelaskan, BAZNAS sebagai lembaga yang aktif dalam melakukan aksi sosial kemanusiaan menjemput bola untuk membantu perusahaan mengemas dana CSR dengan tepat sasaran dan jatuh di tangan masyarakat yang benar-benar membutuhkan. 

BAZNAS sebagai mitra penyalur CSR terus berupaya mengembangkan program bersama, di antaranya melalui program pengembangan ekonomi, pemberdayaan petani dan peternak, layanan sosial BAZNAS, Rumah Sehat BAZNAS, BAZNAS Tanggap Bencana, hingga program penyelamatan lingkungan terpadu.

Ketua BAZNAS RI mengucap syukur atas penghargaan yang diberikan lembaga terpercaya ini. 

"Alhamdulillah, sangat bersyukur sekali atas penghargaan ini. Tentunya semua ini merupakan buah dari kerja keras yang dihasilkan bersama para amil BAZNAS RI dan mitra CSR BAZNAS," kata dia.

Menurut Kiai Noor, penghargaan ini menjadi salah satu bukti pengelola zakat di Indonesia mendapat pengakuan publik.

"BAZNAS juga menerapkan prinsip 3A dalam menjalankan strategi programnya, yakni Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan dan BAZNAS sendiri, selain penyaluran dana zakat, infak, dan sedekahnya," ucap dia.

Secara terpisah, Kepala Divisi CSR BAZNAS RI, Budi Setiawan, menyampaikan penjelasan teknis terkait kategori penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah, TOP CSR Awards 2023 on Star 4 ini berarti 'SANGAT BAIK', terutama terkait dengan keselarasan CSR pada Strategi Pertumbuhan layanan lembaga, dengan Inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan ISO  26000 SR serta sebagian besar programnya mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," ujar Budi.