APSI Gelar Skyport Live Experience di Bandara Soetta

FAZ • Thursday, 8 Jun 2023 - 11:04 WIB

Jakarta - PT Angkasa Pura Solusi Integra (APSI) bersama Visicita Network bakal mengadakan serangkaian kegiatan Skyport Live Experience di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Utama APSI Hartono dalam keterangan tertulis diterima di Tangerang, Rabu, menyampaikan pengadaan ajang tersebut sebagai bentuk eksplorasi bidang seni dan olahraga yang sejalan dengan program Kementerian BUMN dalam menciptakan ‘BUMN Sehat Indonesia Sehat’.

"Kegiatan ini merupakan terobosan baru untuk melaksanakan kegiatan di lingkungan Bandara
Internasional Soekarno-Hatta, khususnya Airport Run. para peserta bisa merasakan sensasi baru dalam mengikuti ajang olahraga lari marathon sambil merasakan suasana dan aktivitas di Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Dia menjelaskan, pada perencanaan, kegiatan yang akan dilaksanakan itu bakal melibatkan seluruh karyawan pengelola bandara serta masyarakat umum dengan tiga produk kegiatan, di antaranya seperti Airport Acoustic, Airport Run dan Airportventure.

"Untuk sasaran audiens di kegiatan itu adalah karyawan perusahaan di kawasan bandara, pengguna jasa bandara, serta masyarakat dan komunitas umum," ujarnya.

Ia menjelaskan, adapun kegiatan Airport Acoustic nantinya akan diselenggarakan setiap hari Jumat pada akhir bulan dengan isi kegiatan hiburan yang menyuguhkan serta penampilan live music dari band nasional level menengah sampai papan atas dengan format akustik.

Disamping itu, saat pelaksanaannya tersedia mini bazar yang diisi oleh penggiat UMKM di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

"Hal ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam mendorong ekonomi masyarakat sekitar Bandara," tuturnya.

Kemudian, pada pelaksanaan ajang kedua yaitu Airport Run atau lari half marathon akan  melibatkan pelari amatir dan profesional dengan peserta dari domestik maupun internasional. Lomba akan dibuat berseri, dimana seri pertama akan diselenggarakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan dilanjutkan ke seri selanjutnya di bandara di kota lainnya.

Selanjutnya, pelaksanaan Airportventure mengusung konsep edutainment di mana target audiens lebih fokus kepada anak-anak dan siswa sekolah, maupun mahasiswa untuk meningkatkan minat dan edukasi masyarakat sebagai generasi penerus terhadap pengetahuan kebandarudaraan serta industri yang berada di lingkungan bandara.

"Airport Akustik dan Airport Run direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura Solusi Integra Hartono.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan ataupun kendala lalu lintas atas dampak ajang tersebut, APSI melakukan mitigasi risiko dan berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat agar kegiatan tetap berlangsung lancar dan terkendali.

"Kami berharap kegiatan ini mendapat respon positif dari pihak-pihak terkait maupun masyarakat umum, sehingga bisa turut serta mendukung menyukseskan kegiatan ini," kata dia.