Teken MoU, BAZNAS dan JSIT Salurkan Bantuan Tahap II Korban Gempa Turki-Suriah

ANP • Tuesday, 6 Jun 2023 - 17:14 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia melakukan penandatangan kerja sama (MoU) sekaligus menyalurkan bantuan tahap II untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah. 

Penandatangan MoU dan penyerahan bantuan senilai Rp200 juta tersebut diselenggarakan di Kantor BAZNAS RI, Jakarta, Selasa (6/6/2023). Acara dihadiri oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, Pimpinan BAZNAS RI Prof. (H.C.) Dr. Zainulbahar Noor, SE,MEc, Ketua Umum JSIT Indonesia Fahmi Zulkarnain, M.Pd, Sekjend JSIT Indonesia Ahmad Fikri, M.Pd, beserta jajaran terkait. 

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA menyampaikan, kerja sama dengan JSIT ini ke depan akan lebih luas lagi, tidak hanya dalam penggalangan dana bagi korban gempa Turki dan Suriah. 

Noor mengatakan, kerja sama BAZNAS dan JSIT ini sebagai upaya dalam meningkatkan kekuatan keilmuan, kekuatan budaya, dan kekuatan ekonomi bagi masyarakat. 

"BAZNAS dan JSIT bisa melakukan kerja sama di bidang pendidikan baik untuk guru, maupun muridnya, dan juga terkait keilmuan. Keilmuan ini sangat penting sekali ke depan, sehingga kita bisa mempersiapkan anak-anak dari kecil mendidik kemampuan berpikir sehingga bisa berkompetisi di dunia keilmuan di masa yang akan datang," tambahnya. 

Noor juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada JSIT atas kerja sama yang terjalin dengan baik. "Semoga ke depan BAZNAS dan JSIT dapat berkolaborasi dengan baik."

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum JSIT Indonesia Fahmi Zulkarnain, M.Pd mengatakan, kerja sama BAZNAS dan JSIT Indonesia ini meliputi berbagai kegiatan seperti Gerakan Kepedulian Sejak Dini melalui pengelolaan, sosialisasi, edukasi, dan optimalisasi penghimpunan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) di lingkungan JSIT. 

"Kami juga melakukan kerja sama pengelolaan program pendidikan guru dan program beasiswa bagi guru berprestasi dan tidak ampu, serta berbagai program lainnya," ujarnya.  

Fahmi berharap, kerja sama dengan BAZNAS ini dapat meningkatkan kepercayaan umat, dan semua itu akan didedikasikan sepenuhnya bagi kemaslahatan bangsa dan negara.

Sebelumnya, pada Maret lalu, JSIT telah menyalurkan bantuan bagi korban gempa Turki dan Suriah sebesar Rp680 juta melalui BAZNAS. 

Penyaluran dana kemanusiaan melalui BAZNAS RI, khususnya untuk korban gempa Turki dan Suriah ini merupakan komitmen JSIT Indonesia terhadap kemanusiaan.