Manfaat Aplikasi Akuntansi majoo Dalam Bisnis

ANP • Monday, 5 Jun 2023 - 21:19 WIB

JAKARTAKetika menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan maka tidak akan lepas dengan akuntansi. Karena keluar masuk keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui apakah bisnis kamu berjalan dengan baik atau merugi.

Namun perkembangan teknologi telah membantu menyusun jurnal umum akuntansi. Setiap kali terjadi transaksi di perusahaan, transaksi tersebut dicatat dalam jurnal. Ada dua jenis buku besar, yaitu buku besar bisnis dan buku besar umum.

Tapi sekarang ini pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan otomatis dengan mengunakan aplikasi akuntansi.  Jika kamu tidak menggunakan aplikasi kasir maka akan ada empat jenis jurnal khusus, yaitu jurnal penjualan, jurnal penerimaan, jurnal pembelian dan jurnal pinjaman.

Bisnis mungkin memiliki buletin yang lebih terspesialisasi, bergantung pada kebutuhan dan jenis bisnisnya. Namun keempat jurnal di atas memiliki banyak fungsi akuntansi. Nah, kegiatan atau transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal khusus dicatat dalam buku besar, misalnya penerimaan, perlengkapan, diskon, pengeluaran, pendapatan bunga dan lain-lain.

Pengertian Jurnal Umum Akuntansi

Jurnal umum akuntansi adalah dokumen bisnis berupa catatan utama dari semua transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal khusus.

Dengan kata lain, jurnal umum akuntansi digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas bisnis perusahaan atau bisnis selama periode waktu tertentu untuk memfasilitasi pengelolaan keuangan internal dan eksternal.

Selain itu, jurnal umum juga bisa disebut jurnal yang digunakan untuk mengumpulkan catatan dan jurnal khusus. Dalam akuntansi, jurnal umum harus berisi catatan terperinci, seperti nama bisnis, grup akun, dan nomor transaksi serta kolom debit dan kredit yang diatur untuk mendukung manajemen keuangan.

Tujuan Jurnal Umum Akuntansi

Lantas apa sih tujuan perusahaan harus menyusun jurnal umum akuntansi. Jurnal umum akuntansi dibuat agar pihak yang berkepentingan, terutama pelaku usaha atau pemilik bisnis, dapat mengidentifikasi dan mengelola semua transaksi keuangan. Beberapa di antaranya:

  • Cari tahu semua kegiatan bisnis yang dilakukan di perusahaan.
  • Tentukan nilai transaksi.
  • Mengidentifikasi dampak ekonomi dari bisnis.
  • Transfer efek transaksi dengan mudah ke rekening yang sesuai.

Selain itu, untuk membuat jurnal umum untuk mengelola pendapatan bisnis, kamu juga harus memahami prosesnya. Namun ditengah teknologi yang berkembang pesat, maka kamu tidak perlu lagi menyusun jurnal umum secara manual.

Karena aplikasi akuntansi kini telah banyak dipasaran. Kamu tinggal memilih aplikasi akuntansi mana mudah dan memiliki fitur yang lengkap. Salah satu rekomendasi adalah aplikasi kasir majoo yang juga memiliki fitur aplikasi akuntansi.

Aplikasi akuntansi sekarang ini bukan menjadi hal yang baru dalam bisnis, dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Penggunaan aplikasi akuntansi akan membuat keputusan yang cepat, tepat dan akurat dari semua aspek yang berkaitan dengan perhitungan dan pembukuan bisnis.

Aplikasi akuntansi memiliki sistem dan divisi yang terintegrasi dari masing-masing perusahaan sehingga memiliki kontrol yang menyeluruh. Nah, bagi yang berminat menggunakan aplikasi akuntansi untuk bisnis, berikut ini akan diulas terlebih dahulu pengertian, fitur, manfaat dan tips memilih provider yang tepat.

Pengertian Aplikasi Akuntansi

Aplikasi akuntansi adalah suatu sistem yang dirancang untuk mendukung fungsi-fungsi akuntansi berdasarkan modularitas yang saling terhubung satu sama lain meliputi modul pembelian (account payable), penjualan (account piutang), general ledger, payroll, dll.

Perusahaan itu sendiri dapat mengembangkan aplikasi akuntansi atau dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk menyediakan layanan. Tujuan aplikasi akuntansi adalah untuk mendukung penyusunan laporan akuntansi keuangan berupa neraca, laba rugi, arus kas dan laporan akhir.

Kamu perlu melakukan entri data awal yang perlu dikonfigurasi di aplikasi akuntansi. Kamu harus mengatur catatan dengan kode dan nama yang jelas. Oleh karena itu, harus memiliki poin yang jelas untuk setiap posisi dalam laporan keuangan, akuntansi simpanan, laba rugi, produksi dan produksi.

Aplikasi akuntansi bekerja langsung dari berbagai departemen yang sebelumnya terhubung. Jadi, misalnya, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan laporan keuangan. Berbagai transaksi yang sedang berlangsung seperti penjualan, pembelian, produksi, persediaan, dan pengeluaran bisnis akan secara otomatis masuk ke dalam jurnal dan diperbarui setiap saat.

Ini adalah sesuatu yang akan membantu dalam semua proses akuntansi dan perhitungan akuntansi dalam bisnis menjadi otomatis dan mudah. Setelah kamu mengetahui apa itu aplikasi akuntansi, maka ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan bagi bisnis kamu.

Manfaat Aplikasi Akuntansi

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dari penggunaan aplikasi akuntansi diantaranya:

  • Pelaporan keuangan adalah bagian terpenting dari bisnis, dengan menggunakan aplikasi akuntansi akan membuat pengerjaan laporan menjadi lebih mudah dalam waktu singkat.
  • Mengurangi kesalahan perhitungan karena kesalahan manusia. Kesalahan pemasangan hanya dapat diperbaiki di modul yang ditemukan tanpa mengulangi seluruh perhitungan dari awal.
  • Tingkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis karena proses akuntansi dapat diotomatisasi.
  • Aplikasi akuntansi akan memberikan data yang lebih akurat dan karenanya ini akan membantu kamu  menentukan langkah dan keputusan yang harus diambil.
  • Memantau pasar global.

Ini adalah beberapa manfaat dari software akuntansi bisnis. Berikut beberapa fitur software akuntansi yang wajib dimiliki.

Sebelum memilih aplikasi akuntansi yang cocok dan sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan kamu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan ini, termasuk fitur penting dari software akuntansi tersebut.

Fitur Pelaporan Keuangan

Menyusun laporan keuangan adalah hal yang paling penting. Kamu harus memperhatikan kemampuan perangkat lunak untuk melakukan prosedur pemasukan dan penagihan. Selain itu, fitur penting lainnya adalah neraca untuk analisis posisi keuangan, laporan keuangan, laporan keuangan, laporan keuangan, laporan berita, dan laporan akuntansi umum.

Fitur Pengelolaan Piutang Usaha

Ketika kamu menggunakan aplikasi akuntansi maka harus ada fitur utang piutang, karena fitur ini sangat penting dalam aktivitas bisnis. Dengan fitur ini, kamu dapat melaporkan hutang atau piutang dari pelanggan dan pemasok kepada manajemen saat pembayaran diperlukan.

Fitur Layanan Pembelian

Pembelian merupakan fungsi yang akan selalu ada di semua perusahaan. Fitur ini akan membantu kamu melihat status dan laporan transaksi seperti Pembelian, Penukaran, dll. Tidak hanya itu, aplikasi akuntansi juga akan bisa bekerja untuk invoice pembelian dan retur, pembelian dan pengiriman ke supplier.

Fitur Budgeting

Dengan fitur ini, maka kamu dapat menyimpan laporan semua anggaran yang telah dibuat, seperti pelaksanaan sisa atau anggaran yang belum selesai yang dapat disesuaikan dengan jam kerja bisnis kam. Tak hanya itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk membuat laba rugi.

Fitur Financial Forecasting

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling penting. Tentu saja, dalam lini bisnis apa pun, kamu ingin menentukan biaya pendapatan secara akurat. Nah, perencanaan keuangan ini bisa membantu mengelola uang dengan bijak, karena bisa mengeliminasi biaya yang tidak perlu dan meningkatkan keuntungan.