Pengunjung Percetakan Alquran Terbesar di Dunia Dapat Alquran Gratis

LAN • Monday, 5 Jun 2023 - 16:03 WIB

Kompleks Percetakan Alquran King Fahad (King Fahd Complex for Printing the Holy Quran) milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi berlokasi di Madinah. Pabrik tersebut mampu memproduksi salinan Alquran dalam Bahasa Arab dan terjemahannya ke dalam 76 bahasa, seperti Perancis, Urdu Turki, termasuk Bahasa Indonesia. Pabrik ini telah diresmikan oleh Raja Fahd Bin Abdul Aziz pada tahun 1984. 

Percetakan yang berusia 40 tahun ini memiliki 3 mesin percetakan. Mesin itu sanggup memproduksi 80.000 Alquran dengan beragam ukuran dan bahasa. 

Kompleks percetakan yang luas tersebut adalah salah satu tempat yang dapat dikunjungi jemaah haji Indonesia. Perlu dicatat, pabrik hanya terbuka untuk umum selama empat jam, yakni dari jam 08.00 WAS sampai 11.00 WAS. Selama musim haji, ribuan orang berkunjung ke pabrik ini. 

Pengunjung bisa melihat langsung proses produksi Alquran. Tetapi perlu mengantre karena jumlah pengunjung dibatasi. 

Sebagai informasi, untuk masuk ke area ini tidak dipungut biaya. Selesai berkunjung, di pintu ke luar akan diberi satu Al Quran gratis untuk satu orang. Jika kurang, kita bisa beli di luar dengan ukuran dan harga yang beragam. (Salsa)