Wujudkan Visi MBKM, Untar Raih Tiga Penghargaan dari LLDikti Wilayah III

AKM • Monday, 5 Jun 2023 - 14:09 WIB

Jakarta - Universitas Tarumanagara (Untar) menerima penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) yang diumumkan dalam acara Apresiasi Kinerja dan Kolaborasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) di lingkungan LLDikti III, pada akhir Bulan Mei di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Penghargaan ini menjadi daftar panjang perolehan penghargaan bagi Untar, yang pada Maret silam juga menerima enam penghargaan dari LLDikti III. Untar menerima penghargaan untuk kategori Pelaporan Kewirausahaan dalam MBKM, Pelaporan Bela Negara dalam MBKM, serta Pelaporan Indikator Kinerja MBKM kategori “Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak”, di mana Untar mendapat apresiasi sebagai perguruan tinggi dengan mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Dalam sambutannya, Paristiyanti menyampaikan terima kasih kepada perguruan tinggi di lingkungan LLDikti III atas sinergi dan kerja sama yang dilakukan.

“Perguruan  tinggi dapat terus berkreasi dan berinovasi, sehingga ke depannya dapat memberi sumbangsih untuk kemaslahatan pendidikan tinggi di Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (4/6).

Disisi lain, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada LLDikti III yang selalu berkontribusi dan bersinergi untuk pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya wilayah Jakarta. Terlebih, Untar dapat membuktikan perannya dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Hal ini tercermin dari banyaknya penghargaan yang diraih Untar terkait peningkatan kualitas pelayanan pendidikan melalui implementasi program MBKM. 

“Untar telah berhasil menunjukkan performa yang baik dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Penghargaan ini menunjukkan Untar telah berhasil menjalankan berbagai kegiatan MBKM yang bermanfaat untuk mahasiswa dan dosen. Hasil ini makin menguatkan posisi Untar sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia,” ujarnya

Salah satu Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar, Fidelius Marlfel yang telah memiliki beberapa pengalaman mengikuti Program Magang di beberapa perusahan besar di Indonesia berpendapat bahwa pengalaman mengikuti program magang yang menjadi bagian dari MBKM memberikannya kesempatan untuk terjun langsung dalam praktik dunia industri dan mengasah soft skill dan hard skill yang diperlukan dalam dunia kerja.

“Selain itu, melalui MBKM kami juga dapat menjalin relasi lebih luas, seperti saat ini saya sedang membangun start-up loyalty program yang akan segera launching bersama rekan kerja sebelumnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek Dr. Lukman, S.T., M.Hum., yang sejak 29 Mei 2023 sebagai Plt. Kepala LLDikti III.

Lukman menyatakan akan terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti III untuk menjadi “The Excellent and World Class University” atau Perguruan 

“Tinggi Unggul dan Kelas Dunia. Para pimpinan perguruan tinggi diharapkan tetap semangat untuk meningkatkan SDM serta infrastruktur penunjang proses kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi,” tandasnya.