Kantin Kontainer Dompet Dhuafa Latih Para Mahasiswa UIN Salatiga Jadi Wirausaha

LAN • Wednesday, 31 May 2023 - 13:57 WIB

SALATIGA – Program Kontainer Dompet Dhuafa merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi untuk para mahasiswa UIN Salatiga, Jawa Tengah 

Program ini sempat vakum selama dua tahun akibat dari pandemi Covid-19 namun, sudah kembali beroperasi pada akhir 2022.

Kantin Kontainer Dompet Dhuafa merupakan salah satu program wirausaha yang ditujukan bagi para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan diamanahi untuk mengelola kantin yang terbuat dari kontainer, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa dari hasil pengelolaan kantin tersebut.

Penanggung jawab pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa Jateng, Irfan Mahyuddin mengatakan, Para mahasiswa tersebut diberi kesempatan untuk mengelola kantin yang terbuat dari kontainer dan mendapatkan beasiswa dari hasil pengelolaan kantin tersebut.

“Program kantin kontainer akan diberikan kepada mahasiswa kurang mampu yang belum mendapatkan beasiswa di lingkungan pendidikan tempat Kantin Kontainer tersebut didirikan,” Ujar Irfan Mahyuddin

Irfan menyebutkan, program Kantin Kontainer idealnya dikelola 10 mahasiswa dari keluarga kurang mampu serta memiliki kecerdasan dan semangat berwirausaha.

Hal tersebut yang membuat para mahasiswa tersebut dipercaya untuk mengelola keuangan kantin sepenuhnya.

“Lokasi Kantin Kontainer bisa di kampus-kampus yang ada di Jateng, sesuai dengan persetujuan dengan mitra,” katanya.

Irfan mengatakan, Dompet Dhuafa sebagai lembaga pemberdayaan selalu berkomitmen mendampingi masyarakat, utamanya kaum duafa untuk menjadi masyarakat yang berdaya serta mengubah mustahik menjadi muzaki.

Dompet Dhuafa juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk bisa menjalankan dan mengelola dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) secara produktif.

Irfan berharap, program tersebut dapat membantu meringankan kebutuhan ekonomi bagi mahasiswa dan masyarakat dhuafa serta mengasah jiwa kewirausahaan sehingga meningkatkan perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.