Lewat Program Sentra Jamur, Dompet Dhuafa Sukses Buka Lapangan Kerja

LAN • Tuesday, 30 May 2023 - 20:35 WIB

Batang - Dompet Dhuafa bersinergi Paragon PT. Paragon sukses membina Program Sentra Rumah Jamur di Desa Lobo, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Program ini bertujuan untuk memberikan sumber penghasilan yang berkelanjutan kepada masyarakat sekaligus mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di wilayah tersebut. Dengan bantuan dan pendampingan dari Dompet Dhuafa, para petani dan masyarakat sekitar kini dapat mengembangkan usaha budidaya jamur dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Pendamping Program Sentra Jamur Dompet Dhuafa, Nur Adilatus mengatakan, Pihaknya menawarkan lapangan pekerjaan kepada warga sekitar dengan sistem pembayaran gaji disetiap bulannya.

"Kita ambil (tenaga kerja) dari desa, yang notabanenya kaum dhuafa. Sistem pengajiannya perbulan" ujar Nur Adilatus, Pendamping Program Sentra Jamur Dompet Dhuafa, saat Press Touring, Selasa 30 Mei 2023

Nur Adilatus menjelaskan, pekerja di Rumah Jamur didominasi oleh ibu-ibu yang berkerja untuk memanen jamur yang sudah siap panen, sehari 2 sekali.

"Panen setiap hari, pagi dan sore. Pagi di sini dulu nanti setelah selesai mereka pulang lalu mereka panen lagi sore hari" ucap Dila.

Setelah melewati proses yang panjang akhirnya, Dompet Dhuafa berhasil bangkit hingga kini sukses membangun Program Rumah Jamur ini.

Menurut Dila, kunci dari keberhasilan mengembangkan Rumah Jamur ini adalah mendapatkan pasar yang tepat.

"Untuk pemasaran, ada bakul-bakul yang datang ke kami, ada penjual yang datang ke kami," ucap Dila

"Ada juga kami yang menyetok di beberapa resto. Selain itu ada beberapa reseller, lalu ada warung-warung kecil yang Alhamdulillah mengambil (jamur) di kami langsung," tegas Dila

Sekedar informasi, pemesanan jamur rutin dalam seharinya bisa mencapai 5 kg, dengan harga per kg Rp 10 ribu- Rp 12 ribu. Namun pemesanan bisa terus meningkat dalam sehari tergantung permintaan pasar.

"Biasanya tergantung panen raya, Kalau panen raya, banyaknya masuk ke pengepul harganya Rp 10 ribu per kg, kalo bakul pasar itu Rp 12 ribu per kg," tandasnya.

Dila memaparkan, potensi pemasaran jamur di daerah Batang juga cukup baik, namun tidak bisa dipungkiri jika budidaya jamur memang lebih umum di daerah dingin.

"Pemasarannya selain di daerah Batang juga, ada di Pekalongan, lalu sampai ke Tegal, Alhamdulillah ada juga" ujar Dila