Apakah Benar Sering Menahan Kencing Dapat Akibatkan Prostat

ANP • Monday, 29 May 2023 - 10:40 WIB

JAKARTA - Aktifitas kerja yang tinggi terkadang menuntut kita untuk bertahan di ruangan hingga berjam jam, dan tidak jarang kita menahan buang air kecil dengan alasan yang beragam, mulai dari tanggung kerjaan tinggal sedikit lagi, atau karena asik bekerja atau yang lainnya.

Tapi tahukah anda, bahwa menahan buang air kecil bisa berakibat fatal terhadap kesehatan, salah satunya adalah kesehatan organ intim kita namun jangan sampai salah pemahaman ya, karena banyak beredar mitos di masyarakat tentang bahaya menahan buang air kecil, salah satunya adalah menahan buang air kecil dapat mengakibatkan prostat.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis urologi dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid SpU(K) PhD dari RS Siloam Hospital Asri mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar adanya. Dia menjelaskan, sering menahan buang air kecil biasanya berkaitan dengan gangguan kandung kemih, hal ini menjadi mitos di masyarakat namun menahan kencing bisa menjadi masalah pada bagian lain yang gejalanya mirip dengan kanker prostat.

Jadi alangkah baiknya kita tidak menahan kencing terlalu lama, apalagi sampai terasa sakit di bagian kemih, dan untuk menjaga kesehatan saluran kemih kita dari bahaya prostat dan infeksi saluran kemih, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi herbal seperti ekstrak daun kumis kucing, ekstrak daun tapak liman atau ekstrak buah ciplukan yang secara riset dapat membantu mengobati masalah prostat atau memelihara kesehatan dan saluran kemih kita.

Karena Senyawa kimia yang terkandung di dalam buah ciplukan, daun tapak liman, dan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai penyakit seperti pembengkakan kelenjar prostat, kencing manis dan banyak penyakit lainnya tentunya dengan kadar dan proses peracikan yang tepat.

Selain itu terdapat madu hutan di dalam produk herbapros yang sudah banyak terbukti dapat meningkatkan imunitas serta mengobati berbagai penyakit, selain rasanya yang enak madu juga bisa menjadi suplemen untuk mempercepat proses penyembuhan.

"Kini semua ekstrak tanaman tadi sudah terkandung di dalam produk herbal madu herbapros, yang di racik oleh pakar herbal berpengalaman sehingga sesuai takaran untuk mengobati dan memelihara kesehatan saluran kemih, selain itu herbapros juga sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan terjamin produknya untuk di konsumsi." Ungkap Yasril, selaku brand owner Madu Herbapros.