Pujian KSAD dan Pangdam V Brawijaya Antarkan Kembali Serma Riadi Berbakti ke Buru Selatan Maluku

FAZ • Sunday, 28 May 2023 - 19:36 WIB

Jakarta - Pengabdian Sersan Mayor Mohammad Riadi, seorang bintara pembina desa (Babinsa) di Hote, Waesama, Buru Selatan, Maluku menuai apresiasi.

Diketahui Riadi sejak tahun 2020 mengajarkan anak-anak Hote membaca dan mengkaji. Tak hanya itu, disiapkannya mushall, tempat ngaji dan perpustakaan.

Sempat pulang ke kampung halamannya, di Madura, Riadi kembali Sabtu, (27/5) diiringi tangisan haru bahagia anak-anak Hote.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan bahwa tindakan Riadi sebagai Babinsa patut diteladani prajurit-prajurit lain.

"Saya sangat mengapresiasi pengabdian yang dilakukan Serma Riadi di wilayah tugasnya. Kehadiran prajurit TNI Angkatan Darat memang harus menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi di tengah masyarakat."

"Serma Riadi sudah menunjukkan jati diri seorang prajurit. Ini harus menjadi contoh bagi lainnya,” ujar Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Minggu (28/5) dalam keterangannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf. Farid mengaku kagum dengan pengabdian Riadi selama bertugas.

"Riadi, selamat bertugas ya. Saya liat videomu. Luar biasa sambutan anak-anak di sana. Salut saya dengan kemampuanmu," ujar Pangdam V Brawijaya.

Tak lupa Farid Makruf mendorong Riadi agar mengajari anak-anak Hote memiliki kemampuan hebat agar menjadi berguna bagi bangsa dan negara.

"Ajari mereka menjadi anak-anak yang punya kemampuan hebat supaya bisa jadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Merekalah generasi penerus pembangunan bangsa ini. Jadilah bapak, guru, teman dan pemimpin anak-anak itu ya," kata Farid Makruf.

Sementara itu, Riadi mengaku tak memberitahu anak-anak Hote akan kembali.

"Mereka kaget saya kembali lagi ke sana, karena memang saya tak bilang-bilang mau pulang. Mumang itu paling keras tangisnya, setelahnya barulah tersenyum semringah,” imbuh Serma Riadi.