Target Tahun 2024, PLN Diminta Segera Wujudkan Elektrifikasi 100 persen 

AKM • Friday, 26 May 2023 - 18:49 WIB

Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS Mulyanto minta PLN dapat tepati janjinya terkait realisasi target 100 persen elektrifikasi di tahun 2024. PLN harus berupaya keras agar target tersebut terwujud dan jangan seperti tahun-tahun sebelumnya, janji tinggal janji dan nyatanya tidak terwujud.

""DPR berharap PLN tidak melupakan target yang sudah disepakati bahwa di tahun 2024 seluruh wilayah di Indonesia sudah mendapat akses listrik," kata Mulyanto dalam diskusi pada kunjungan kerja ke PLN Jawa Barat, Kamis (25/5/2023). 

Hadir dalam kunker tersebut Dirjen Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM dan Direktur Distribusi PLN.

"Sudah beberapa kali target rasio elektrifikasi seratus persen ini direvisi oleh PLN akibat tidak tercapai. Karena itu kita tidak ingin pada tahun 2024 PLN kembali mengulangi kesalahan yang sama," bebernya.

Mulyanto menegaskan dirinya berikan dukungan program peningkatan rasio elektrifikasi ini  di masyarakat terutama yang belum tersalurkam listrik.

"Kita sangat mendukung program peningkatan rasio elektrifikasi ini, jangan sampai terjadi ketidakadilan listrik dan masih ada rumah tangga Indonesia yang rumahnya gelap meski sudah 70 tahun lebih Indonesia merdeka," kata Mulyanto. 

Mulyanto menilai, kondisi kelistrikan nasional saat ini timpang dan tidak adil. Di satu sisi terjadi surplus listrik, namun di sisi yang lain, masih ada rumah keluarga Indonesia yang gelap, tidak dapat menikmati tenaga listrik.

Karena itu Pemerintah harus secara sungguh-sungguh menuntaskan persoalan ketidakadilan listrik ini.

Untuk diketahui perkiraan jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik di akhir tahun 2023 sebanyak 318.682 rumah tangga dengan rasio elektrifikasi sebesar 98.8 persen. Pemerintah menargetkan tahun 2024 rasio elektrifikasi sebesar 100 persen.