Solusi Atasi Nyeri Lutut Tanpa Operasi

LAN • Friday, 26 May 2023 - 17:20 WIB

Jakarta - Masalah nyeri lutut kini dapat diatasi tanpa melakukan tindakan operasi. Saat ini, Klinik Flex Free menyediakan berbagai layanan untuk mengatasi nyeri sendi seperti injeksi pelumas sendi dengan bantuan USG Musculoskeletal, terapi regeneratif seperti Prolotherapy, Planet Rich Plasma (PRP) Musculoskeletal, dan Secretom.

Ketua Komite Medis Klinik Flex Free, dr. Arif Soemarjono, Sp.KFR, FACSM mengatakan Klinik Flex Free merupakan klinik praktek dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi untuk pelayananan kesehatan khusus muskuloskeletal (otot, tulang, dan sendi) dan saraf kejepit.

"Kliniki utama Flex Free merupakan klinik praktek dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yang sudah berpengalaman untuk pelayanan kesehatan khusus muskuloskeletal dan saraf kejepit." kata dr Arif dalam acara media briefing "Klinik Flex Free: Mengatasi Nyeri Lutut Tanpa Operasi" di Jakarta, Rabu (24/05/23).

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Klinik Flex Free, dr. Ferius Soewito, Sp.KFR, AIFO-K, menyampaikan lutut merupakan bagian tubuh yang cukup beresiko dan cedera pada lutut membutuhkan penanganan khusus.

"Cedera dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Lutut merupakan bagian tubuh cukup beresiko terutama untuk kegiatan-kegiatan yang banyak melibatkan diri terutama untuk kegiatan-kegiatan yang banyak melibatkan berdiri, berjalan, berlari dan melompat. Cedera lutut dapat terjadi pada jaringan pengikat, bantalan, tulang rawan, otot dan lainnya. Menentukan bagian yang cedera sangat penting, karena akan mengarahkan pada treatment yang tepat." ungkap dr. Ferius.

Selain itu, Dokter Spesialis Klinik Flex Free, dr. Reggy Trialentta Injo, Sp.KFR menambahkan faktor usia merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Proses penuaan menyebabkan terjadinya berbagai proses degeneratif tubuh seperti pengapuran sendi yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol.

"Bertambahnya usia merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Proses penuaan menyebabkan berbagai proses degeneratif di tubuh, termasuk sendi lutut. Penyakit degeneratif pada sendi di kenal masyarakat luas dengan sebutan pengapuran sendi. Hal ini tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan treatment tertentu sehingga penderita dapat beraktivitas sehari-hari tanpa rasa nyeri." tutup dr. Reggy. (Jessica)