Catat! 2 Cara Cek Porsi Keberangkatan Haji 2023

LAN • Friday, 26 May 2023 - 11:27 WIB

Sebagai negara yang menjadi pengirim jemaah haji terbanyak tentu membuat antrean jemaah haji terus bertambah seiring dengan jumlah pendaftar. Berdasarkan laman resmi Kemenag, masa tunggu haji di Indonesia berada pada rentang waktu dari 12 – 97 tahun.

Lamanya masa tunggu ini dapat dipantau oleh para calon jemaah haji secara daring selama calon jemaah sudah memegang nomor porsinya. Layanan tersebut dapat diakses melalui website Kemenag ataupun aplikasi Pustaka. Berikut caranya.

Melalui Laman Kemenag

1. Buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/

2. Cari halaman ‘Perkiraan Berangkat’ pada bagian bawah.

3. Masukkan nomor porsi yang Anda miliki. Nomor porsi dapat dilihat dalam berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab/Kota pada saat jemaah mendaftar. Nomor porsi berupa rangkaian 10 angka. Sehingga, saat melakukan pengecekan, jemaah harus memastikan angka yang dimasukkan memang nomor porsi bukan lainnya.

4. Klik ‘cari’.

Melalui Aplikasi Pusaka

Aplikasi yang telah dirilis sejak 20 November 2022 dapat diunduh melalui Google Play Store serta App Store. 

1. Unduh aplikasi Pusaka.

2. Buka aplikasi Pusaka.

3. Pilih menu ‘Islam’.

4. Lihat menu ‘Layanan Haji & Umrah’ kemudian pilih menu ‘Estimasi Keberangkatan’

5. Masukan Nomor Porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan "Cari Nomor Porsi". 

6. Pada tahap akhir pengecekan, akan muncul data 'Estimasi Keberangkatan' yang mencakup informasi nomor porsi, nama, kabupaten/kota, provinsi, posisi porsi pada kuota, provinsi/kabupaten/kota/khusus, kuota provinsi/kabupaten/kota/khusus, perkiraan berangkat tahun Masehi, dan perkiraan berangkat tahun Hijriah.(Atha)