Kandahar, Perjuangan Gerard Butler Sebagai Agen Rahasia di Timur Tengah

LAN • Thursday, 25 May 2023 - 11:50 WIB

Genre Film    : Action, Thriller
Produser    : Brendon Boyea, Gerard Butler, Basil Iwanyk
Sutradara    : Ric Roman Waugh
Penulis        : Mitchell LaFortune
Casts        : Gerard Butler, Ali Fazal, Bahador Foladi, Olivia-Mai Barrett, Nina Toussaint-White, Rebecca Calder, Ross Berkeley Simpson, Vassilis Koukalani, Hakeem Jomah, Tom Rhys Harries
Durasi        : 119 Menit
PH        : Open Road Films

 

 

Kandahar merupakan film bergenre action yang memiliki latar sebagian besarnya di wilayah Timur Tengah. Diperankan sekaligus diproduseri oleh Gerard Butler, 'Kandahar' menjadi sebuah karya yang dinantikan oleh para penggemarnya. Berdurasi 119 menit, 'Kandahar' dipenuhi oleh adegan menegangkan di sepanjang scene nya.

Tom Harris (Gerard Butler) sebagai pemeran utama dalam  'Kandahar' merupakan seorang agen rahasia CIA (Central Intelligence Agency) yang tengah melakukan sebuah misi rahasia di Iran. Dengan penyamaran sebagai pekerja telekomunikasi, Tom dan rekannya, Oliver (Tom Rhys) sempat dicurigai dan diancam oleh pasukan militer Iran. Namun berkat kecerdasan Tom, mereka berhasil mengelabui kelompok pasukan tersebut dan berhasil meloloskan diri.

Setelah CIA berhasil mengumpulkan data rahasia mengenai Iran, seorang jurnalis bernama Luna Cujai (Nina Toussaint-White) dipercaya untuk menyebarluaskan peringatan mengenai proyek yang sedang dilakukan oleh Iran. 

Proyek tersebut adalah perencanaan reaktor nuklir di sebuah bagian wilayah Iran di dekat Qom. Tidak lama setelahnya, pihak CIA berhasil menghancurkan wilayah reaktor nuklir yang menyebabkan sebuah ledakan dahsyat. Dengan ini, pertikaian pun akhirnya dimulai.

Demi mendapatkan informasi, kepolisian yang sejak awal telah meletakkan sebuah kecurigaan terhadap Luna Cujai, akhirnya menculiknya untuk dimintai keterangan. Meskipun hal ini tidak membuahkan informasi yang diinginkan, namun dengan memegang nama perusahaan Siblixt Communications, akhirnya kepolisian berhasil mengungkap foto Tom yang akhirnya disebarluaskan ke penjuru bumi.

Saat mendengar kabar tersebut, Tom yang baru saja hendak menjalankan misi tambahan dari atasannya, Roman (Travis Fimmel) demi mengumpulkan uang yang cukup untuk membiayai sekolah kedokteran anaknya, Tom dan rekan kerjanya, Mo (Navid Negahban) seorang penerjemah diperintahkan untuk segera membatalkan misi dan melarikan diri ke Kandahar. Namun naasnya Tom telah menjadi buruan mahal, tidak hanya untuk Kepolisian Iran, tetapi juga kelompok Taliban bahkan agen rahasia Pakistani.

'Kandahar' berhasil menggambarkan dengan baik bagaimana rumitnya situasi relasi politik antara berbagai kelompok dan negara. Sehingga, ketika anda menonton 'Kandahar' Anda harus memiliki fokus yang tinggi agar dapat mengerti jalan ceritanya secara keseluruhan. 

Meskipun bergenre action, tetapi 'Kandahar' juga menyisipkan visualisasi pemandangan yang indah dan adegan yang menghibur serta mengharukan untuk penontonnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan saat duduk manis dan menyaksikan jalan ceritanya. 

Saksikan KANDAHAR mulai tanggal 31 Mei 2023 di Cinema XXI dan nikmati keseruannya! (Ifti)