Wapres Ma’ruf Amin Ingatkan Menteri Nyaleg: Jangan Mengabaikan Tugas Kalau Tidak Mau Reshuffle

LAN • Thursday, 25 May 2023 - 11:49 WIB

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar semua menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju yang ikut kontestasi Pemilu 2024 mendatang untuk tidak mengabaikan tugas-tugasnya.

Juru bicara (jubir) wapres, Masduki Baidlowi mengatakan Wapres Ma’ruf menindaklanjuti arahan yang telah disampaikan oleh Presiden Jokowi. Jika tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle atau pergantian kepada menteri yang bersangkutan.

Wapres menekankan kembali arahan presiden tersebut agar dapat terealisasikan dengan baik di lapangan. 

“Karena wapres juga mendapat penugasan di reformasi birokrasi, maka wapres banyak melakukan pengecekan-pengecekan,” ujar Masduki dalam program Trijaya Hot Topic, Kamis (25/5/2023). 

Perihal “ancaman” reshuffle, Masduki mengatakan bahwa para menteri yang ingin berkampanye akan diperiksa kinerjanya. Namun, antara melaksanakan pekerjaan pokok dengan kampanye yang terselubung tidak dapat sepenuhnya terdeteksi. 

“Kemungkinan ada subjektivitas, entah presentasenya berapa. Asalkan tidak mengganggu terhadap mainstream pokok dari program (menteri) itu masih oke, lah. Karena takkan terhindarkan itu,” tuturnya. 

Meskipun demikian, jika menteri yang berniat menjadi calon legislatif terbukti dengan konkrit tidak fokus kepada tugas dan kewajibannya, presiden tidak akan segan-segan melakukan reshuffle. (Salsa)