Wapres Ingatkan Petugas Haji Bekerja Sungguh-sungguh: Jangan Ngurusin Diri Sendiri Berhaji

FAZ • Thursday, 25 May 2023 - 05:51 WIB

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan kepada petugas haji untuk bekerja sungguh-sungguh untuk melayani jemaah yang berangkat ke Tanah Suci. Menurut data dari Kementerian Agama (Kemenag), sebanyak 30 persen jemaah haji tahun 2023 lansia.
 
“Saya pikir karena banyak jemaahnya banyak yang lansia maka petugas harus bekerja sungguh-sungguh dan memang mereka melayani, jangan petugas di sana nanti mereka berhaji sendiri,” kata Wapres saat ditanya awak media di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Sementara itu, ratusan calon jemaah haji kloter pertama telah mulai diberangkatkan dari berbagai embarkasi mulai hari ini. Wapres pun mengingatkan petugas haji yang saat ini bertugas bukan hanya menunaikan ibadah hajinya sendiri. Namun, mempunyai tanggung jawab untuk melayani jemaah haji.

“Dia tidak melayani tapi dia pergi haji menunaikan ibadah seperti jemaah haji. Nah itu jangan sampai petugas kayak jemaah haji, mestinya melayani jemaah tapi dia ngurusin dirinya sendiri berhaji, itu tidak boleh,” tegas Wapres.

Lebih lanjut, Wapres juga memberikan respons terkait 8.000 kuota tambahan haji. Wapres memastikan tambahan ini akan dipersiapkan dengan baik sehingga tidak membebani subsidi.

“Kita urus dengan baik nanti tahun depan tidak ditambah lagi, karena itu harus dipersiapkan dengan baik dan tentu ada konsekuensi konsekuensi masalah beban subsidi itu karena masih cukup besar kan tahun ini jadi kita lihat nanti akibatnya terhadap dana efisiensi itu,” katanya.