UI - UC Berkeley Intensifkan Kerja Sama

LAN • Thursday, 25 May 2023 - 00:00 WIB

Universitas Indonesia (UI) untuk menjadi kampus kelas dunia (worldclass university) terus digalakkan. Kali ini, UI yang diwakili oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M. Eng. (Dekan Fakultas Teknik), dan Dr. Vishnu Juwono (Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi) mengunjungi salah satu universitas terbaik dan tertua di Amerika Serikat, University of California Berkeley (UC Berkeley) pada tanggal 16 - 24 Mei 2023.

UC Berkeley adalah perguruan tinggi negeri di Negara Bagian California yang didirikan pada tahun 1868. Universitas tersebut memiliki keunggulan dalam hal penelitian, khususnya di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Delegasi UI diterima oleh Director of International Partnership, College of Engineering UC Berkeley, Prof. Matthew Sherburne, dan Diaspora Indonesia sekalgus Co-Director Prof. George Anwar guna melakukan monitoring dan evaluasi kerja sama penelitian, serta memperluas kolaborasi melalui program joint-degree untuk program doktoral (Ph.D.), dan international student mobility.

“Suatu kebanggaan bagi Universitas Indonesia dapat bermitra dan berkolaborasi dengan salah satu kampus terbaik dunia. Ini berarti bahwa reputasi akademik UI diakui dan disegani oleh komunitas ilmiah internasional, khususnya di negara-negara maju.” ujar Prof. Haris di sela-sela kunjungannya. 

Tak lupa, perwakilan UI tersebut juga menyapa para mahasiswa dan dosen muda yang tengah mengikuti program kolaborasi penelitian di lembaga-lembaga riset di UC Berkeley, serta mengadakan pertemuan dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Fransisco.

Sejalan dengan upaya meningkatkan global engagement, UI turut hadir dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Quacquarelli Symonds, lembaga pemeringkatan ranking pendidikan tinggi ternama di dunia, bertajuk QS Edu Data Summit 2023.

“Kami juga sekaligus menghadiri QS Edu Data Summit 2023 yang sangat bermanfaat bagi UI untuk memahami trend dan menemukan peluang terkini di dunia pendidikan tinggi pada skala global, menyusun strategi peningkatan reputasi akademik internasional, serta memaksimalkan proses rekrutmen mahasiswa asing berdasarkan pada analisis data.” tambah Prof. Haris.