Mantap Berqurban, IZI Kembali Menebar Manfaat dengan Produk Abon Kita

ANP • Wednesday, 24 May 2023 - 22:40 WIB

JAKARTA - Rabu, (24/05) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sukses menggelar launching program dengan tagline “Mantap Berqurban!”. Kegiatan yang bertempat di Park Hotel Cawang berlangsung dari pukul 13.00 – 15.30 WIB. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube IZI.

Acara yang berlangsung hybrid ini dikemas dalam bentuk talk show. Acara launching program Mantap Berqurban! dibuka dengan sambutan dari Wildhan Dewayana (Direktur Utama Laznas IZI) dan Drs. H. Tarmidzi Tohor, M.A. (Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI)
 
Launching program Mantap Berqurban! merupakan bentuk keikutsertaan IZI dalam mengambil momentum ibadah qurban untuk saling bergotong royong dan saling memberikan kebermanfaatan bagi sesama muslim. Wildhan Dewayana selaku Direktur Utama Laznas IZI dalam talk show menjelaskan betapa pentingnya berqurban untuk meningkatkan ketakwaan kita dengan semangat berlomba dalam kebaikan. 

“dalam ibadah qurban, pesan moral yang dapat kita ambil sebagai hikmah dalam kehidupan kita adalah, dimana Allah SWT menguji utusannya, nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, nabi Ismail. Atas dasar ketakawaan keduanya rela utk melakukannya. Namun, Allah gantikan dengan seekor domba” Jelas Wildhan dalam sambutannya. 

Lalu, Direktur Utama Laznas IZI juga menjelaskan program qurban tahun ini. IZI kembali mengolah qurban dalam bentuk abon yang telah menjadi keunikan dan keunggulan IZI selama tiga tahun kebelakang.

"ide dari produk ini (Abon Kita) ada sejak tahun 2020 sebagai sebuah terobosan dalam menghadapi Covid-19. Di tahun 2021 barulah kami (IZI) merealisasikan ide inovasi ini karena melihat potensi yang besar dalam berbuat kebaikan" lanjut Wildhan dalam sambutannya.
 
Setelah sambutan, kegiatan launching tersebut dilanjut dengan talk show bersama Dr. Tria Astika Endah P,S.KM., M.M. (Ahli Gizi), Wildhan Dewayana (Direktur Utama Laznas IZI), M. Maslufin, S.Tr.Kes. (Ketua Kelompok Ternak Klanting Mandiri Sejahtera) dan Haryono (Ketua Qurban Laznas IZI) 

Dalam talk show tersebut para narasumber menjelaska dampak yang telah diberikan kepada masyarakat, mulai dari membantu perekonomian masyarakat hingga membantu pemerintah dalam penanganan di sektor gizi.
"selama 3 tahun, produk abon kita berhasil disalurkan hingga pelosok masyarakat agar mereka bisa mendapatkan manfaat dari daging yang dikurbankan. Jadi tidak hanya penduduk kota saja yang mampu merasakan nutrisi dari daging qurban" ujar Haryono dalam talkshow tersebut. 

Produksi “Abon Kita” juga memberikan manfaat bagi UMKM. Seperti tempat produksi yang berada di KWN Fatimah Az-Zahra yang bertempat di Makassar dan Kelompok Ternak Klanting Mandiri Sejahtera yang berada di Lumajang. Maslufin selaku ketua Kelompok Ternak Klanting Mandiri Sejahtera juga memberdayakan masyarakat sekitar untuk membantu mengolah daging menjadi abon 
"kami melibatkan masyarakat setempat mulai dari perawatan sapi qurban hingga pengolahan daging menjadi abon. pelibatan itu kami lakukan untuk membantu perekonomian masyatakat setempat" jelas maslufin 

Dengan launching-nya program Mantap Berqurban! diharapkan tahun ini produk "Abon Kita" bisa disalurkan sebanyak 24.000 pcs, meningkat dari yang sebelumnya. Jika dikalkulasikan, sejak 2020 produksi “Abon Kita” telah terdistribusikan sebanyak 42.622 pcs.

Selapas talk show, acara launching program Mantap Berqurban! ditutup dengan foto bersama dari para jajaran menejemen IZI, wartawan dan para tamu undangan.