Disediakannya Makanan Nusantara untuk Para Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci

LAN • Wednesday, 24 May 2023 - 16:49 WIB

Jakarta - Dalam persiapan untuk menyambut jemaah haji Indonesia ke tanah suci, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengontrak 54 dapur katering atau perusahaan untuk melayani jemaah haji Indonesia saat di Makkah. Tak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan uji kompetensi juru masak dan demo masak menu nusantara.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, mulai dari 23-24 Mei 2023. Dapur-dapur katering ini akan mulai memberikan layanan sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah pada 2 Juni 2023.

Selama di Makkah, jemaah haji Indonesia nantinya akan mendapatkan tiga kali makan sehari yang terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk sarapan pagi, ada tiga varian menu utama, yakni Nasi Uduk dan Orek Tempe Cabe, Nasi Goreng dan Teri Kacang Balado, dan Nasi Kuning dan Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah.

Lalu untuk makan siang, ada empat varian menu utama, yakni Ikan Patin Goreng Bumbu Rajang dan Tumis Timun Wortel, Ayam Goreng Saus Mentega dan Tumis Wortel Kacang Polong, Ikan Tuna Cabe Hijau dan Terong Balado, dan Ikan Patin Bumbu Balado dan Tumis Jamur Cabe Hijau.

Terakhir, untuk makan malam, ada tiga jenis menu utama, yakni Ikan Fillet Dori Goreng dan Terong Balado, Daging Sapi Lada Hitam dan Kentang Mustofa, dan Ayam Gulai dan Oseng Tempe Cabe Merah.(Savira)