Jemaah Haji yang Sakit Bisa Klik Panic Button Aplikasi TeleJemaah, Tim Medis Langsung Merapat

LAN • Wednesday, 24 May 2023 - 16:43 WIB

MADINAH - Jemaah haji Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan atau sakit saat tengah melaksanakan ibadah haji tidak perlu panik. Sebab, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi kini meluncurkan aplikasi TeleJemaah.

Dengan klik panic button dalam aplikasi tersebut, jemaah haji yang sedang sakit akan langsung didatangi tim medis untuk memberikan pertolongan.

Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi M. Imran menjelaskan, peluncuran aplikasi tersebut sebagai upaya untuk membantu jemaah haji. Menurut Imran, jemaah yang mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan pertolongan bisa klik panic button dari aplikasi TeleJemaah yang telah didownload.

"Dengan tekan panic button, akan terhubung ke tenaga kesehatan, setelah diketahui posisinya dapat berkomunikasi lebih lanjut dan melakukan penanganan," paparnya di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, Madinah, Selasa (23/5/2023).

Selain menyediakan aplikasi panic button, kata Imrah, pihaknya juga mendirikan pos kesehatan di sektor khusus, tepatnya di pintu 21 sisi utara Masjid Nabawi. Termasuk menempatkan petugas kesehatan haji yang mobile di waktu-waktu rawan atau saat terik matahari menyengat.

"Mereka membawa peralatan yang bisa membantu penanganan awal masalah kesehatan. Biasanya jemaah mengalami kaki melepuh karena berjalan tanpa alas di tengah terik matahari. Biasanya jemaah yang melaksanakan ibadah haji kehilangan sandal," tambahnya.

Apabila jemaah ingin melakukan penanganan sendiri jika merasa sakit seperti mengalami kaki melepuh, Imran menyarankan langkah awal penanganan sebaiknya disiram air.

“Jika petugas haji Indonesia menemukan jemaah yang sakit akibat suhu panas misalnya, bisa mengevakuasi ke tempat teduh, lalu mengguyurnya dengan air untuk menurunkan suhu permukan kulit yang terkena paparan matahari," ucapnya. (Salsa)