Mohammad Nuh: ESQ Mencetak Orang-orang Soleh, Cintailah ESQ

FAZ • Wednesday, 24 May 2023 - 14:26 WIB

Jakarta - Menteri Pendidikan Nasional Indonesia periode 2009-2014 Prof. Mohammad Nuh mengatakan bahwa ESQ telah banyak memberikan kebermanfaatan bagi khalayak. Menurutnya, lembaga pembangunan karakter dan budaya itu telah mencetak orang-orang soleh.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan pada resepsi hari ulang tahun atau milad ESQ ke 23 yang diselenggarakan di Granada Ballroom Menara 165, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

“ESQ mencetak orang-orang soleh. Kalau belum bisa memasuki arena ESQ, maka cintailah ESQ. Jangan menjadi musuh ESQ. Semoga Allah memberkahi," ujar Muhammad Nuh.

Ia menuturkan, ESQ yang telah melahirkan alumni lebih dari 1.9 juta tersebut diisi oleh orang-orang baik sehingga dapat membentuk pribadi-pribadi berbudi pekerti luhur. Nuh pun meyakini bahwa ESQ akan semakin melebarkan sayapnya.

“ESQ isinya orang-orang yang soleh, orang orang baik, sehingga saya yakin bisa bertumbuh kembang dan memperbanyak orang-orang yang soleh. ESQ adalah tempat yang paling pas untuk membentuk orang-orang yang soleh ini,” tutur Nuh.

"Kita berharap ESQ tumbuh terus besar dan besar. Sehingga bisa memberikan kebermanfaatan bagi khalayak apalagi dengan cita-cita Indonesia Emas 2045," tandasnya.

Diketahui, pada kesempatan itu Nuh dinobatkan sebagai tokoh yang mendapatkan ESQ Award dari Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian. Tentu dengan berbagai dasar pertimbangan.

“Selamat Prof. Nuh terpilih mendapatkan penghargaan ini. Karena Prof. Nuh telah berhasil mencanangkan keseimbangan antara kecerdasan inteletual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan,” ungkap Ary.

Tak hanya itu, Ary memaparkan bahwa dalam kesehariannya Nuh juga giat menjalankan 7 Budi Utama yaitu Jujur Dipercaya, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli.

“Beliau juga termasuk teladan bagi saya dan khalayak. Dikenal sebagai seorang intelektual yang santun dan spritualis dengan rekam jejak tanpa cela," paparnya.

Selain itu, semasa menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), M. Nuh telah berkontribusi menjadikan ITS sebagai kampus pertama yang menerapkan training ESQ kepada seluruh mahasiswa baru.

“Kebijakan ini telah menginspirasi puluhan kampus lainnya di Indonesia menjadikan ESQ sebagai ajang pelatihan karakter mahasiswa barunya," lanjut Ary.