Institut Teknologi PLN Harus Menjadi yang Terbaik di Kawasan Asia

FAZ • Tuesday, 23 May 2023 - 16:11 WIB

Jakarta - Direktur Legal dan Manajemen Human Capital (DIRLHC) PLN Yusuf Didi Setiarto memastikan, Institut Teknologi PLN (ITPLN) terus memasikan eksistensinya di kancah nasional. Bahkan, dia meyakni ITPLN dapat menjadi yang terbaik di kawasan Asia dan dikenal sebagai perguruan tinggi energi berwawasan lingkungan.

“ITPLN adalah anak kandung PLN. Sebagai anak kandung tentu ITPLN akan didukung penuh oleh PLN. Ini sudah komitmen kami yang ingin hadir secara nyata dan memberikan dukungan penuh,” kata Yusuf pada acara wisuda Magister, Sarjana, Ahli Madya ITPLN angkatan ke 42 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, seperti dikutip dari keterangan diterima, Sabtu (20/5/2023).

Yusuf menjelaskan, bentuk dukungan tidak hanya soal fisik tetapi juga sampai dengan hal yang esensial diperlukan untuk menjadi perguruan tinggi berkelas internasional.

“Dalam bentuk fisik saat ini PLN sedang membangun ruang kelas yang cerdas berbasis teknologi informasi. Kita juga sedang mendesain gedung baru untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran,” kata dia.

Selain hal fisik, lanjut Yusuf, PLN juga menyentuh hal yang substansial. Karena itu PLN membuka ruang seluas-luasnya bagi seluruh sivitas akademika untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di PLN group.

“Mulai semester ini mahasiswa tingkat akhir diberikan kesempatan untuk magang selama enam bulan dan diperhitungkan sebagai kredit. Ini adalah sebuah kemewahan dan keistimewaan," tambah dia.

Lulusan Terus Kembangkan Kemampuan Diri

Sementara itu, Rektor ITPLN Prof. Iwa berpesan agar para lulusan tidak hanya berpuas dengan hard skill berupa kemampuan akademik yang dimiliki, namun juga harus membekali diri dengan soft skil seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, berfikir kritis, beradaptasi, memimpin dan kemampuan bertindak efektif.

Prof Iwa mengatakan, ITPLN sedang bertransformasi secara terarah, terurkur menuju visinya menjadi perguruan tinggi berkelas internasional yang modern, mandiri, unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

Sebagai informasi, Pada wisuda 42 ini ITPLN meluluskan 164 mahasiswanya yang terdisi dari S2 Teknik Elektro 18 orang, S1 Teknik Elektro 55 orang, S1 Teknik Mesin 23 orang, S1 Teknik Sipil 2 orang, S1 Teknik Informatika 55 orang, D3 Teknologi Listrik 9 orang dan D3 Teknik Mesin 2 orang. Kepada para wisudawan Yusuf Didi berpesan agar mengoptimalkan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah untuk terjun dan mengabdi kepada masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN Supriyadi, Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT, Ketua Senat ITPLN Prof. Dr Aminullah Assegaf, Kordinator Peningkatan Mutu SDM dan Riset LL Dikti Wilayah III Sri Mastuti, orang tua wisudawan wisudawati, serta tamu undangan.