Jemaah Haji Dianjurkan Menggunakan Paket Data Provider Indonesia

LAN • Tuesday, 23 May 2023 - 10:48 WIB

Komunikasi menjadi hal penting untuk jemaah haji Indonesia. Meninggalkan keluarga dan saudara selama lebih dari satu bulan membuat handphone menjadi sarana utama melepas kangen dan berkirim kabar ke Tanah Air. 

Namun, tidak sedikit jemaah yang bingung menentukan provider untuk mendapatkan koneksi internet, yakni apakah menggunakan provider Indonesia atau Arab Saudi. Jemaah juga kerap bertanya-tanya apakah harus isi paket data sebelum berangkat ke Tanah Suci atau saat mendarat di Arab Saudi. 

Ternyata, lebih banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan provider dalam negeri. Pertama, jemaah haji tidak perlu mengganti nomor telepon.

Kedua, pembelian bisa dilakukan di Tanah Air karena beberapa provider Indonesia membuka booth di embarkasi keberangkatan. Jemaah tinggal mengaktifkan paket saat tiba di Tanah Suci.  

Keuntungan ketiga, jika ada kendala maka keluarga di rumah bisa membantu berkomunikasi dengan costumer service Indonesia. Begitu juga jika paket data habis, keluarga bisa melakukan pengisian dari Tanah Air. Berbeda jika membeli nomor atau paket di Arab Saudi karena semua harus dilakukan secara mandiri oleh jemaah.

Provider di dalam negeri terutama BUMN juga sudah melakukan kerja sama dengan tiga provider lokal di Saudi sehingga sinyal lebih merata karena bisa switch ke sinyal paling kuat saat jemaah melakukan mobilisasi.

Provider lokal juga tidak mendukung video call. Berbeda dengan provider Tanah Air yang tetap bisa menggunakan video call. 

Selain itu, membeli provider lokal juga harus dilakukan di counter dan harus melakukan registrasi ulang dengan menggunakan paspor. Masalahnya tidak semua pegawai counter bisa berbahasa Indonesia yang bagus. (Salsa)