Inovasi Baru, Great Eastern Life Indonesia Gunakan Teknologi AI

ANP • Tuesday, 23 May 2023 - 00:15 WIB

Jakarta– Keterbukaan akses terhadap berbagai produk keuangan perlu didukung oleh pengetahuan dan pemahaman yang jelas akan produk yang ditawarkan, termasuk dalam hal Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI). Dalam proses pemasaran PAYDI, literasi keuangan menjadi salah satu tantangan besar para perusahaan asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Iklusi Keuangan (SNLIK) terbaru (2022)  masih menunjukkan adanya gap yang cukup tinggi antara tingkat keterbukaan akses (inklusi) sebesar 85,10% dengan tingkat pemahaman produk (literasi) yang hanya sebesar 49,68%. 

Dari sisi regulasi, pada 14 Maret 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan aturan mengenai ketentuan baru PAYDI dalam Surat Edaran OJK Nomor 5 Tahun 2022 yang berlaku efektif per 14 Maret 2023. SEOJK 5/2022 ini mengatur tiga aspek utama PAYDI, yakni dari sisi pemasaran, transparansi informasi, hingga tata kelola aset. Ketiga aspek yang menjadi pembenahan regulasi PAYDI tersebut tentunya bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kepercayaan serta literasi masyarakat akan PAYDI. 

Dalam proses penjualan PAYDI, perusahaan asuransi perlu memberikan penjelasan yang akurat berdasarkan kebutuhan dan kemampuan nasabah, terutama dalam memastikan PAYDI yang dibeli sesuai dengan profil risiko nasabah. Setelah nasabah membeli PAYDI, perusahaan wajib melakukan welcoming call sebagai bentuk konfirmasi ulang bahwa PAYDI yang dibeli sesuai dengan permohonan nasabah. Keseluruhan proses tersebut, mulai dari tahap penawaran produk hingga welcoming call, wajib direkam dalam format audio video atau video untuk memastikan nasabah telah memahami dan mendapatkan penjelasan yang lengkap dan tepat terkait PAYDI yang dibelinya. 

Sejalan dengan SEOJK 5/2022 tersebut, Great Eastern Life Indonesia pun telah  menyempurnakan produk unit link yang ada, baik dari sisi spesifikasi produk maupun layanan. Oleh karena itu, guna menyesuaikan aturan baru OJK tersebut dan mendukung peningkatan angka inklusi keuangan, Great Eastern Life Indonesia didukung oleh mitra strategisnya Bank OCBC NISP menghadirkan produk baru unit link atau PAYDI, GREAT Protection Link dan GREAT Investlink Protection. 

Spesifikasi kedua produk unit link baru tersebut tentunya telah disesuaikan dengan aturan baru SEOJK 5/2022. Misal, pada produk GREAT Protection Link, tidak ada cuti premi secara otomatis. Fitur Non-Lapsed Guaranteed (NLG) atau jaminan Polis aktif pun tidak diberlakukan sehingga tidak ada jaminan dalam bentuk apa pun meski kondisi nilai investasi kosong atau negatif. Proporsi alokasi Premi pada produk GREAT Investlink Protection pun telah disesuaikan menjadi 100% Premi Tunggal. Secara transparan, berbagai informasi mulai dari ketentuan baru cuti premi, masa tunggu, proporsi alokasi investasi, laporan kinerja subdana, hingga contoh ilustrasi perkembangan dana telah tercantum dalam RIPLAY (Ringkasan Informasi Produk dan Layanan) sesuai yang disyaratkan OJK. 

GREAT Protection Link

GREAT Protection Link merupakan solusi proteksi plus investasi yang tepat untuk masa depan nasabah. Produk yang merupakan gabungan proteksi dan investasi ini dirancang untuk melindungi impian nasabah sekaligus membantu nasabah mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Tidak hanya itu, produk ini juga bisa ditambah dengan berbagai asuransi tambahan (rider) guna memaksimalkan kebutuhan perlindungan. 

Berikut ini adalah keistimewaan GREAT Protection Link:

1. Uang Pertanggungan yang tinggi dengan Premi yang terjangkau sebagai proteksi keuangan jika terjadi risiko meninggal dunia.

2. Adanya Manfaat Ketidakmampuan Total hingga Rp2 miliar rupiah per jiwa.

3. Adanya Bonus Loyalitas sebesar 40% yang diberikan pada awal tahun Polis ke-10 (sepuluh).

GREAT Investlink Protection 

GREAT Investlink Protection merupakan solusi perencanaan keuangan masa depan dengan alokasi investasi dan proteksi jiwa yang optimal. Untuk hasil investasi yang optimal, produk ini mengalokasikan Premi 100% sejak hari pertama Polis aktif dan memberikan ekstra 1% Bonus Loyalitas di tahun ketiga Polis. 

Berikut ini adalah keistimewaan GREAT Investlink Protection: 

1. Alokasi Premi 100% sejak Polis aktif untuk hasil investasi yang optimal.

2. Bonus Loyalitas 1% dari Premi Asuransi Dasar Tunggal dan Premi Top Up Tunggal Awal pada akhir tahun ke-3 Polis.

3. Fleksibel karena nasabah dapat menambahkan Premi Top Up Tunggal Tambahan kapan saja dengan alokasi Premi Top Up sebesar 100% (tanpa biaya) untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal.

4. Jaminan Diterima (Guaranteed Acceptance) tanpa Medical Check Up, tanpa Masa Tunggu, dan tanpa pengecualian kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Selain telah memenuhi ketentuan OJK, kedua produk baru unit link baru tersebut juga dilengkapi dengan pilihan dana investasi (fund) baru yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) bernama GreatLink Intelligence Equity Fund. Great Eastern Life Indonesia menjadi perusahaan asuransi jiwa yang terus berinovasi dengan penggunaan teknologi AI untuk pilihan dana investasi pada produk unit linknya. 

Tak bisa dipungkiri, saat ini dunia sedang berada di fase percepatan teknologi yang semakin canggih, termasuk salah satunya penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI). Kehadiran teknologi AI tentunya telah mempermudah aktivitas manusia, termasuk dalam ranah investasi. Teknologi AI dapat melampaui kemampuan manusia dalam mengelola data saham, menganalisis model investasi atau informasi penting lain, serta dalam memutuskan kinerja investasi yang terbaik—sebab manusia perlu istirahat dan tidak mungkin membaca data saham setiap saat, berbeda dengan teknologi AI yang dapat mengelola big data untuk membangun pola guna memprediksi pergerakan pasar . 

Berikut cara kerja dari Dana Investasi GreatLink Intelligence Equity Fund:

1. Seperti sistem AI pada umumnya—yang mampu beroperasi dengan menggunakan beberapa data set besar (big data), dalam GreatLink Intelligence Equity Fund, data set tersebut berupa 800+ saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 

2. Data set yang berupa 800+ saham tersebut kemudian difilter dengan menggunakan parameter investasi yang telah ditentukan, misalnya standar rasio likuiditas saham. 

3. Data yang telah difilter kemudian diproses menggunakan berbagai model algoritma dan dievaluasi guna menemukan pola yang tepat. 

4. Pengidentifikasian pola untuk menentukan saham yang cenderung berkinerja baik dalam periode tertentu. 

5. Menyempurnakan peran dari teknologi AI yang digunakan dalam menganalisa data, tim Great Eastern Life Indonesia akan meninjau portofolio saham untuk memastikan kesesuaiannya dengan strategi dan tujuan awal investasi. 

Beberapa keunggulan dari Dana Investasi GreatLink Intelligence Equity Fund:

1. Penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada Dana Investasi memberikan pendekatan yang berbeda dalam berinvestasi pada saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penerapan Artificial Intelligence (AI) memungkinkan pemilihan dengan dimensi baru dalam mengidentifikasi peluang investasi yang mungkin terlewatkan oleh manusia.

2. Artificial Intelligence (AI) menawarkan opsi terbaik dari dua jenis pilihan antara investasi fundamental dan sistematis.

3. Dengan menggunakan pendekatan Artificial Intelligence (AI), keputusan investasi dapat dilakukan secara konsisten dan terukur.

 “Great Eastern Life Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan nasabah dan mempertahankan kepercayaan nasabah. Oleh karena itu, kami meluncurkan dua produk unit link yang telah sesuai dengan ketentuan SEOJK 5/2022. Melalui GREAT Protection Link nasabah dapat memiliki ketenangan jiwa dalam mewujudkan berbagai impian dengan adanya proteksi sekaligus investasi yang dirancang mengikuti tujuan investasi nasabah. Untuk merencanakan keuangan masa depan dengan alokasi proteksi dan investasi yang optimal, nasabah dapat memilih produk GREAT Investlink Protection. Lalu, dengan adanya inovasi GreatLink Intelligence Equity Fund yang menggunakan teknologi AI sebagai pilihan dana investasi, kinerja investasi juga menjadi semakin optimal untuk nasabah,” tutur Nina Ong, Direktur Bancassurance Great Eastern Life Indonesia.

GREAT Protection Link dan GREAT Investlink Protection resmi dipasarkan melalui jalur bancassurance melalui mitra strategisnya Bank OCBC NISP pada 30 Maret 2023. Masyarakat bisa mendapatkan produk ini di 199 kantor cabang Bank OCBC NISP yang tersebar di 54 kota di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui dan menggali lebih dalam mengenai kebutuhan calon nasabah, Great Eastern Life Indonesia menyediakan Financial Advisor (FA) yang dapat membantu merekomendasikan produk yang tepat guna. Keberadaan FA ini juga bertujuan memastikan nasabah benar-benar memahami dan merasakan manfaat PAYDI.

Juky Mariska, Wealth Management Division Head menyatakan, “Sejalan dengan visi Bank OCBC NISP untuk menjadi mitra tepercaya dalam meningkatkan kualitas hidup, kami senantiasa mendukung nasabah untuk melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin untuk perlindungan keluarga sekaligus perkembangan investasi. Untuk itu, nasabah memerlukan berbagai opsi produk keuangan agar lebih leluasa melakukan diversifikasi. Kolaborasi antara Bank OCBC NISP dan Great Eastern Life Indonesia ini dapat memberikan pilihan dan solusi untuk masyarakat yang ingin merencanakan keuangan masa depan dengan lebih baik.”

Baik GREAT Protection Link maupun GREAT Investlink Protection diharapkan dapat memberikan perlindungan sekaligus pengembangan dana yang optimal sehingga nasabah dapat mencapai tujuan keuangannya tanpa khawatir. Dengan demikian, nasabah bisa menjalani hidup dengan tenang, fokus meraih mimpi masa depan, dan JADI HEBAT, Reach for Great