Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem di Arab Saudi saat Musim Haji

LAN • Monday, 22 May 2023 - 17:39 WIB

Pendengar Trijaya, sebentar lagi musim haji akan segera tiba. Bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah haji, persiapan fisik menjadi hal yang utama. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca atau gelombang panas di tanah suci yang sangat berbeda dengan Indonesia, maka Anda harus menjaga fisik lebih ekstra. Apabila tidak, cuaca ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda selama beribadah. Berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Anda wajib membawa air mineral selama menjalankan ibadah, khususnya saat berada di luar ruangan. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari dehidrasi. 

2. Istirahat Cukup

Anda disarankan untuk tidak terlalu lelah dan menghindari aktivitas luar ruangan yang tidak berhubungan dengan rangkaian ibadah haji. Pastikan untuk beristirahat dengan cukup agar stamina tetap terjaga dan ibadah haji pun dapat dilaksanakan secara optimal.

3. Gunakan Pelindung Tubuh
Gunakanlah pakaian dengan bahan yang sejuk dan dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, Anda juga diwajibkan melapisi kulit dengan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari.

4. Penuhi Gizi Seimbang
Pastikan Anda makan tepat waktu dan mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi. Contohnya, sayur dan buah-buahan atau makanan yang mengandung banyak air agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap stabil.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok
Sebelum keberangkatan sampai selesai proses ibadah haji, jemaah diimbau untuk menghentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat memperparah kondisi gangguan pernapasan. Oleh karena itu, menghentikan kebiasaan merokok dapat membantu jemaah menjaga kondisi kesehatan selama ibadah haji berlangsung.

Itu tadi tips yang dapat Anda terapkan selama beribadah di tanah suci nanti. Semoga bermanfaat. (Atha)