KJRI di Jeddah Minta Petugas Haji Agar Fokus Melayani Jemaah Haji

FAZ • Monday, 22 May 2023 - 05:43 WIB

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 768 tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Bimtek yang berlangsung tiga hari, pada 21 - 23 Mei 2023 itu digelar bekerja sama dengan Konjen RI di Jeddah.

Para tenaga pendukung terdiri atas para warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi (mukimin) dan pelajar mahasiswa yang kuliah di Timur Tengah. Mereka akan bergabung bersama petugas non kloter PPIH Arab Saudi untuk melayani jamaah haji.

Para tenaga pendukung akan ikut membantu melayani jamaah pada layanan akomodasi, transportasi, katering, kesehatan, serta layanan umum lainnya.

Konjen RI di Jeddah Eko Hartono meminta para tenaga pendukung memanfaatkan Bimtek ini dengan baik agar memahami tugas dan fungsinya. "Fokus pada pelayanan, bukan fokus untuk berhaji. Menjadi petugas bukan untuk bisa beribadah haji, tapi untuk memberikan pelayanan kepada jamaah," tegas Eko Hartono di Jeddah, Minggu (21/5/2023).

Apalagi, ada sejumlah perkembangan signifikan dalam operasional haji, termasuk terkait banyaknya jamaah lanjut usia (lansia). Sehingga petugas haji juga harus mempersiapkan fisik untuk melayani jamaah.

"Siapkan fisik petugas haji untuk melayani jamaah. Jangan sampai justru petugas yang membutuhkan bantuan. Petugas harus solutif. Petugas harus lebih sehat dan kuat dibanding jamaah," sambungnya.

Konjen Eko berpesan agar para petugas menjaga nama baik bangsa. Apalagi, mereka bertugas di negara orang. Petugas diminta jangan melalukan tindakan yang memalukan. Sehingga nama baik bangsa wajib dijaga di negeri orang.

Pesan senada disampaikan Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid. Menurutnya, para petugas tahun ini dihadapkan pada tugas berat untuk melayani jamaah haji lansia yang jumlahnya sangat besar.

Subhan mengatakan bahwa haji adalah ibadah fisik yang secara praktik tidak ramah lansia. Ditambah lagi, cuaca di Saudi juga tidak ramah lansia. Sementara tagline tahun ini adalah Haji Ramah Lansia.

"Wujudkan tagline dengan sikap ramah pada jemaah. Tidak boleh ada petugas bertengkar apalagi marah ke jamaah haji," pesan Subhan.

"Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah menunjukkan sikap ramah dan empati ke seluruh jamaah," sambungnya.

Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam melaporkan Bimtek tenaga pendukung mengangkat tema "Haji Ramah Lansia. Mereka adalah Orangtua Kita".

"Sesuai tema, tenaga pendukung agar betul-betul total dalam melayani jamaah. Mereka harus menganggap jamaah sebagai orangtua sendiri," tandasnya.