Pemilihan Rektor UNJ 2023, Prof. Dr. Ucu Cahyana Siap Wujudkan UNJ-TRUST

AKM • Monday, 22 May 2023 - 05:38 WIB

Jakarta - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan melangsungkan pemilihan Rektor pada  13 Juni dan 17 Juli 2023 memdatang.  Persaingan diantara  kandidat dengan visi misi serta program berbeda berpeluang akan terjadi. Salah satu kandidat Rektor UNJ tersebut adalah Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNJ Periode 2019 – 2023. Pada periode 2016-2019, ia juga dipercaya menjabat Ketua di Lembaga yang sama.

Di masa jabatan sebagai Ketua LPPM pada periode pertama, berkat gaya kepemimpinannya yang inklusif dan berbagai program inovatif yang Prof. Ucu kembangkan,  ia berhasil mengantarkan UNJ masuk ke dalam Klaster Mandiri (Klaster Tertinggi) dalam Bidang Kinerja Penelitian dan Klaster Unggul (Klaster Tertinggi) dalam Bidang Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada periode keduanya, ia melanjutkan sukses dengan membawa UNJ meraih Peringkat Pertama di tingkat nasional selama dua tahun berturut-turut sebagai Pencatatan Hak Cipta Tertinggi Tahun 2019 dan 2020 dalam kategori Badan Penelitian. 

Penghargaan Top 10 di Indonesia dalam Pencatatan Ciptaan juga diraih UNJ pada tahun 2022 dalam kategori Perguruan Tinggi. Prof. Ucu juga berhasil membentuk 11 Pusat Unggulan IPTEK (PUI) UNJ dan mempertahankan peringkat UNJ dalam Klaster Mandiri. Baru-baru ini, sebagai Ketua LPPM UNJ, ia sukses menggelar UNJ Riset Expo dan LPPM Award 2023 yang menampilkan berbagai produk riset inovasi dan unggulan hasil riset dosen-dosen UNJ serta pemberian penghargaan kepada para dosen UNJ yang berprestasi dibidang riset, pengabdian masyarakat, publikasi,dan kekayaan intelektual.  

Dari segudang prestasi, pengalaman kerja dan kecintaannya pada UNJ,  Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si  meneguhkan hati untuk maju sebagai salah satu kandidat Rektor UNJ periode 2023-2027.  

“Sudah ada beberapa Fakultas di lingkungan UNJ yang Insya Allah siap memberikan dukungannya kepada saya,” klaim Prof. Ucu terkait pencalonannya, dalam keterangam tertulis kepada Media, Jakarta, Senin (22/5).

Prof. Ucu menjelaskan bahwa Rektor adalah seorang Academic Leader. Dia harus memiliki 3 kapasitas dalam dirinya, yaitu Leadership, Kemampuan Manajerial dan Kapasitas Akademik.

 “Berkaitan dengan 3 kemampuan tersebut, insya Allah selama 29 tahun saya mengabdi di UNJ, saya sudah memiliki pengalaman yang cukup di bidang Leadership, Kemampuan Manajerial dan Kapasitas Akademik,” jelas Prof. Ucu.

Ia bertekad untuk membawa UNJ menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang memberi dampak dalam kehidupan sosial, lingkungan, dan ekonomi untuk keberlangsungan masa depan (sustainable future dengan mengusung konsep UNJ-TRUST (Transformasi, Reputasi, Unggul, Sinergi, dan Terintegrasi). 

“Trust juga dimaknainya sebagai komitmen untuk membangun UNJ berdasarkan prinsip kepercayaan yang dibangun atas integritas dan rekam jejak pengelola yang baik,” tandasnya.

Sebelumnya, Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si  juga mendapat tugas sebagai Ketua Tim Persiapan UNJ menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH) dan sudah merampungkan seluruh dokumen pengusulan. Prof. Ucu bersama dengan tim dan pimpinan UNJ, sukses mengantarkan usulan UNJ sehingga masuk ke dalam daftar PTN yang akan diproses menjadi PTN-BH berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2022.

Sebagai ilmuan, reputasi Prof. Dr. Ucu Cahyana di bidang akademik tidak diragukan. Saat ini Guru Besar Manajemen Pembelajaran Kimia ini memiliki skor SINTA 3.121 (indeksasi Kemdikbudristek untuk publikasi, penelitian, pengabdian masyarakat, hak kekayaan intelektual, buku dan network), h-indeks Scopus 5 dan h-indeks GScholar 14  serta memiliki 50 kekayaan intelektual dalam bentuk hak cipta.

Sederet jabatan pernah diemban oleh Guru Besar kelahiran Karawang, 20 Agustus 1966 ini, mulai dari Ketua Program Studi, Pembantu Dekan, Sekretaris Lembaga, hingga menjadi Ketua Lembaga. Jabatan di beberapa organisasi juga pernah diemban, seperti Ketua Himpunan Kimia Indonesia  (HKI) cabang Jakarta, Ketua Forum LPPM LPTK Negeri Indonesia, Anggota Dewan Penasehat Assosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI)  DKI Jakarta, Anggota American Chemical Society (ACS), dan Anggota Royal Society of Chemistry (RSC).