Serba-Serbi Haji, Cara Daftar Aplikasi Nusuk untuk Masuk ke Raudhah

FAZ • Monday, 22 May 2023 - 05:38 WIB

MENGUNJUNGI Raudhah merupakan agenda wajib jamaah haji dan umroh asal Indonesia. Hanya saja, pandemi Covid-19 dan perubahan regulasi dari pemerintah Arab Saudi untuk mengunjungi tempat yang berada di dalam masjid Nabawi tersebut tidak lagi bisa dilakukan sewaktu waktu seperti beberapa tahun sebelumnya.

Jamaah memiliki pilihan mendaftarkan diri lebih dulu melalui aplikasi nusuk yang tersedia di appstore.

Dikutip dari situs kemenag Raudhah menjadi area yang selalu didatangi umat Islam untuk berdoa dan berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabat. Raudhah adalah tempat yang mulia dan istimewa. Sebab, di sinilah sekitar 1.400 tahun yang lalu, Rasulullah SAW beribadah, sholat, menerima wahyu, berdakwah dan juga tempat sholat para sahabat.

Aplikasi Nusuk

Dalam situs Nusuk.sa dijelaskan jika nusuk merupakan platform perjalanan holistik meliputi: perencanaan, pemesanan, dan pengalaman resmi pertama, untuk membuat rencana perjalanan haji atau umrah Anda ke Makkah, Madinah, dan sekitarnya.

Dengan Nusuk, para pelancong dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengatur seluruh kunjungan mereka, mulai dari mengajukan eVisa hingga memesan hotel dan penerbangan.

"Di masa depan, Nusuk juga dapat digunakan untuk menjadwalkan kunjungan ke situs-situs penting (termasuk raudhah - red), menemukan transportasi, menyusun rencana perjalanan, dan mengakses alat di lapangan seperti pelacak Tawaf dan banyak lagi," jelas keterangan tersebut di dalam situs resminya.

Cara Download dan Daftar Aplikasi Nusuk

Aplikasi ini bisa di download atau unduh oleh mereka yang akan menjalankan ibadah umrah atau haji. Seperti yang penulis lakukan saat berada di Madinah. Berikut langkah langkah untuk download dan daftar aplikasi Nusuk.

1. Kunjungi aplikasi appstore lalu tekan unduh. Setelah selesai pilih buka.

2. Masuk halaman utama muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan bahasa Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih New User.

3. Masuk ke pingisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telpon, email dan password akun nusuk. Sudah lengkap, klik tiga pertanyaan di bawahnya, lalu tekan register.

4. Sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi nusuk.

5. Berhasil, saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email.

6. Beres, di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. Jika sudah aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan bukti ke askar saat berkunjung ke raudhah.

Dengan proses tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terencana. Jika memungkinkan keluarga jamaah juga bisa bantu download dan registrasi sebelum orang tuanya berangkat. Sehingga memudahkan saat di madinah. Untuk pendaftaran bisa dibantu petugas haji.