RS Premier Bintaro Raih Akreditasi JCI untuk Kelima Kalinya

ANP • Sunday, 21 May 2023 - 15:43 WIB

Jakarta - RS Premier Bintaro kembali memperoleh akreditasi dari Joint Commission International (JCI) pada 18 Maret 2023 hingga 17 Maret 2025. Ini merupakan kali kelima rumah sakit ini meraih akreditasi dari lembaga akreditasi unggulan untuk sektor pelayanan kesehatan berskala internasional. Berdasarkan pada undang-undang kesehatan Nomor 44 Tahun 2009 Pasal 40 ayat (1), dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali,  maka Rumah Sakit memiliki kewajiban untuk harus mengikuti evidence based practice terkini demi keselamatan pasien. Akreditasi merupakan salah satu elemen penting bagi rumah sakit untuk menggambarkan kualitas layanan yang diberikan kepada pasien. Quality is never ending journey.

Akreditasi yang dilakukan di RS Premier Bintaro adalah akreditasi nasional dan akreditasi internasional. Dalam setiap periode triwulanan, RS Premier Bintaro melakukan survei untuk memastikan standar JCI tetap terjaga dengan baik. Sebelumnya, RS Premier Bintaro telah berhasil meraih akreditasi JCI pada tahun 2011, 2014, 2017, dan 2020.

Joint Commission International (JCI) merupakan lembaga akreditasi unggulan untuk sektor pelayanan kesehatan berskala Internasional, yang berdiri dari tahun 1951. Akreditasi JCI telah menciptakan standar kualitas pelayanan kesehatan yang berkualitas terstandar di lebih dari 23.000 pelayanan kesehatan di seluruh dunia. RS Premier Bintaro sendiri menjadi salah satu dari 23 rumah sakit di Indonesia yang telah berhasil meraih akreditasi JCI pada tahun 2023 ini.

Selain JCI, RS Premier Bintaro juga melakukan akreditasi nasional (KARS), ISO dan HICMR. Akreditasi Nasional telah dilakukan sejak 2005 dan terakhir terakreditasi pada November 2022 (berlaku efektif hingga November 2026). ISO sudah dilakukan sejak tahun 2013 dan terakhir tersertifikasi pada tahun 2022 (berlaku efektif hingga 7 Juni 2025).  HICMR (Healthcare Infection Control Management Resources) sejak tahun 2011 dan berkelanjutan setiap tahunnya. RS Premier Bintaro berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan pasien dalam pelayanannya dengan selalu mengikuti standar pelayanan yang terkini.

Menurut CEO RS Premier Bintaro, dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, MH.Kes, akreditasi nasional dan internasional yang telah diraih RS Premier Bintaro menunjukkan komitmen rumah sakit dalam mengutamakan keselamatan pasien dalam pelayanan mereka. Selain akreditasi JCI, RS Premier Bintaro juga melakukan akreditasi nasional (KARS), ISO, dan HICMR. Seluruh akreditasi ini diharapkan dapat membantu RS Premier Bintaro untuk selalu memenuhi kebutuhan stakeholder dan memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan evidence-based practice terkini.

Dr. Hartono Tanto selaku Interim Country COO dari Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia (RSDHI) menjelaskan bahwa “Kami (RSDHI) memastikan bahwa seluruh rumah sakit kami di Indonesia yaitu, RS Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya dari waktu ke waktu akan secara berkala menjalankan akreditasi baik nasional maupun internasional, hal ini  bukan hanya untuk menuntaskan kewajiban dalam menjalankan peraturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia, tetapi juga untuk memastikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit kami tetap terjaga dengan baik dan menitikberatkan pada keselamatan pasien.”

“Kami bersyukur bahwa pada tahun ini ketiga rumah sakit kami di Indonesia telah kembali memperoleh akreditasi internasional dari JCI dengan hasil yang membanggakan,” tegas dr. Hartono menambahkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai RS Premier Bintaro dan pelayanan kesehatan yang ditawarkan, silakan kunjungi situs resmi kami di www.ramsaysimedarby.co.id/rspb.